-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Semua Tulisan yang kurang bagus ini hanyalah sebuah proses belajar untuk memahami realita diriku dan dunia luar. Selamat menyelam dalamnya lautan ideku dari sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang bisa saja objektif dan bisa pula subjektif. Kebenaran hanyalah Milik Allah Subhana Wa Ta'ala semata. Semoga tulisan-tulisan dalam blog ini Bermanfaat bagi kita semua. aamiin
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DISKUSI

04 Desember, 2007

WANITA dan HARGA SEBUAH KECANTIKAN
oleh : Roe Salampessy


Tulisan ini terinspirasi ketika penulis bersama rekan-rekan sekantor sering ngadain diskusi kecil-kecilan yang tidak formal di sela-sela jam istirahat kantor. Banyak topik yang diperbincangkan, mulai dari persoalan sepele yang bersifat candaan hingga hal-hal serius yang bersifat global. Dari beberapa diskusi kecil ini, kadang muncul opini atau pandangan yang menarik untuk diperdebatkan, salah satunya adalah perspektif kecantikan wanita dari salah seorang teman penulis yang alam berpikirnya terpengaruh oleh presfektif media/bisnis yang cenderung materialistis kapitalis. Dari pandangannya, penulis menangkap kesan yang dalam, bahwa dia merasa tidak percaya diri (PD) dengan benntuk fisiknya serta model pakaian yang dipakainya.

Berbicara kecantikan, sudah barang tentu merujuk pada citra diri kaum hawa secara fisik. Mahkluk Tuhan yang satu ini memang diciptakan dengan banyak daya tarik, sehingga tak jarang banyak kaum Adam (Lelaki) yang terbuai, terpesona, mabuk, dan gelap mata oleh sisi sensulitasnya. Lirikan mata, senyuman, bentuk tubuh, suara, cara berjalan, sampai pada pernak-pernik yang dikenakannya menjadi pemikat yang potensial untuk menaklukan laki-laki. Banyak kisah orang-orang besar yang menjadi contoh ketaklukannya ditangan Wanita, Hitler - Soekarno - Bill Clinton adalah sederet nama-nama yang pernah mengalami skandal ini. Atau mungkin kita sendiri pernah mengalami hal ini dalam kehidupan kita.??????

Dari dulu sampai sekarang, perspektif kecantikan wanita tidak pernah mengalami perubahan yang berarti. kalaupun ada adigium yang mengatakan bahwa " Kecantikan itu relatif " dia hanyalah ungkapan puitis yang terucap dimulut tapi tidak tersimpan dihati, kita seakan-akan sepakat tanpa sadar dengan perspektif kecantikan secara ragawi (fisik). Kenyataannya memang demikian, banyak wanita lebih memilih cantik secara fisik ketimbang cantik non fisik (inner beauty).

Fenomena ini kemudian melahirkan paradigma Materialistis dikalangan kaum hawa (terutama remaja putri). Perspektif kecantikan wanita ini lalu dimanfaatkan kaum kapitalis guna menciptakan sebuah trend baru untuk meraup keuntungan materi melalui industri hiburan dan bisnis alat-alat kecantikan. Ribuan alat kecantikan di produksi dengan berbagai macam bentuk, mulai dari pewarna rambut, pemutih kulit, sampho, pewarna bibir, obat pelangsing tubuh, hingga pernak-pernik dan model pakaian yang seksi (ketat dan terbuka). Dan melalui kapitalisasi industri hiburan, peran media elektronik dan media cetak menjadi virus ganas yang ikut menyeret perilaku kaum hawa yang terdoktrin prespektif kecantikan ala dunia hiburan (entertainment). Iklan atau reklame produk kecantikan diperankan oleh model atau aktris-aktris papan atas yang dalam prespektif media merupakan wanita-wanita cantik tanpa cacat (putih,rambut lurus,mulus,langsing,dll) yang patut di teladani dan diikuti sebagai trendsetter.

Kaum hawa (terutama remaja putri) telah menjadi korban mode dalam perspektif bisnis. Maka tak jarang banyak wanita yang rela dipermak bentuk tubuhnya (wajah dan body) agar terlihat seksi, menarik dan cantik sesuai image mereka terhadap artis-artis yang menjadi trendsetter, banyak juga kaum hawa yang ramai-ramai memutihkan kulitnya atau meluruskan rambutnya agar terlihat ideal sesuai trendsetter. Walaupun kadang kaum hawa mengalami dilematis perspektif yang membuat mereka bingung memilih antara Cantik dan resiko, sebagai contoh operasi hidung atau sedot lemak yang beresiko menghilangkan nyawa. ataupun pemutihan kulit dengan produk2 pemutih kulit yang beresiko merusak kulit.

Demi sebuah kecantikan, banyak wanita yang akhirnya bernasib tragis. Alih-alih ingin tampil seksi dan cantik malah nyawa jadi taruhannya. Kira-kira setahun lalu dunia hiburan Internasional dibuat kaget dengan meninggalnya salah seorang supermodel top dunia asal Brasil yang meninggal dunia gara-gara kekurangan gisi, setelah diselidiki - ternyata sang model sedang menjalani diet untuk menguruskan badan-nya agar terlihat seksi dan cantik. inikah harga sebuah kecantikan.......?????

Masya Allah...Padahal TUHAN menciptakan semua perempuan dengan kecantikan masing-masing, ada kelebihan dan kekurangannya. kaum hawa (terutama remaja putri) tentunya harus bisa berpikir dan tidak mudah terserang penyakit mode, idealnya kaum hawa harus bisa membuang jauh perspektif kecantikan ala bisnis. kecantikan itu milik semua Wanita (gemuk juga cantik, hitam juga cantik, keriting juga cantik) semua wanita cantik....

Akhirnya, marilah kita semua (Pria & wanita) memahami identitas atau citra diri dengan prespektif yang non fisik (innerbeauty), sehingga penghargaan kepada seseorang bukan karena cantik atau ganteng, tapi karena prestasi, pintar, cerdas, dan berahklak mulia. kecantikan tidak dilihat dari lurusnya rambut, putihnya kulit, langsingnya tubuh, tinggi badan, besarnya pinggul, ukuran dada, lebarnya betis, mancungnya hidung dan lainnya. Akan tetapi kecantikan dilihat dari pancaran dasar hati yang membentuk aura fositif. Inilah INNERBEAUTY, kecantikan sebenarnya yang kemilaunya lebih abadi.

Nah, Buat kaum hawa (terutama remaja putri) tak perlu malu dan ragu, SEMUA WANITA dilahirkan cantik, dan menjadi cantik tak perlu tersiksa. Syukurilah Nikmat Tuhan yang ada, Insyah Allah Anda akan tetap cantik dimata TUHAN. (ROE)

* ku dedikasikan buat temanku " percayalah dengan diri sendiri " engkau terlihat cantik dengan kemuliaan ahklak yang telah Allah Anugerahkan.

9 KOMENTAR:

NN mengatakan...

" engkau terlihat cantik dengan kemuliaan ahklak yang telah Allah Anugerahkan "

jadi terharu baca kata-kata diatas :)

papapam traffic mengatakan...

cantik fisik adalah anugerah, cantik rohani adalah karunia yang tak terhingga dari Sang Pencipta

Eucalyptus mengatakan...

Cantik didalam lebih penting daripada cantik lahiriah, krn cantik dari dalam akan memancar keluar dan membuat orang merasa nyaman berada didekatnya. Cantik lahiriah akan terkikis bersama bertambahnya usia.....

Dark Angel mengatakan...

Inner beauty lebih penting..

bugsbunny mengatakan...

inner beauty lebih penting...lebih abadi dibandingin kecantikan phisik...

Rifa'ah mengatakan...

Jfs... :)
Related Post: http://rausyanfiqr2.blogspot.com/2010/09/menyoal-cinta-dan-iklan-kosmetik-di-tv.html

ROe Salampessy mengatakan...

rifa'ah:
yups, inti tulisan yang sama.
keep writing yah.

chaeoche mengatakan...

"SEMUA WANITA dilahirkan cantik, dan menjadi cantik tak perlu tersiksa. Syukurilah Nikmat Tuhan yang ada, Insyah Allah Anda akan tetap cantik dimata TUHAN."

Alhamdulillah banyak pesan2 yang bermanfaat setelah mengobrak-abrik blogmu^^

ROe Salampessy mengatakan...

terima kasih chaeoche.. jgn bosan2 berkunjung yah.. hehe..

salam kenal loh ukthy.