-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Semua Tulisan yang kurang bagus ini hanyalah sebuah proses belajar untuk memahami realita diriku dan dunia luar. Selamat menyelam dalamnya lautan ideku dari sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang bisa saja objektif dan bisa pula subjektif. Kebenaran hanyalah Milik Allah Subhana Wa Ta'ala semata. Semoga tulisan-tulisan dalam blog ini Bermanfaat bagi kita semua. aamiin
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

kata hati

28 Juni, 2008

MIMPI surah Ali Imran ayat 88.

Kata orang mimpi adalah bunga Tidur, namun mimpi yang saya alami 3 hari lalu mungkin adalah sebuah peringatan atau teguran keras dari Maha Besar Allah buat saya pribadi. Jujur saya bingung dengan mimpi itu. Dalam mimpi itu saya menyaksikan perbuatan orang-orang disekitar saya sedang melakukan Ritual adat dengan menggunakan bacaan-bacaan Al’Quran, namun yang anehnya dalam ritual itu mereka menyebut nama-nama leluhur mereka sebagai pelindung dan sebagai pengabul doa mereka, intinya mereka meminta selain Allah SWT namun menggunakan bacaan Al’Quran yang sedikit dimodifikasikan dengan mantera-mantera adat.

Mimpi itu terus berlanjut, ketika saya menyaksikan sebagian orang juga melaukan ritual ibadah di Masjid, namun bershalawat dengan tidak menyebut nama Nabi Muhammad SAW, entah siapa yang mereka sebut, saya lupa namanya, tapi samar-samar suara itu menyebut nama Ahmadiyah (salah satu sekte dalam Islam yang baru-baru ini mendapat Fatwa SESAT dari MUI). Mereka mengajak saya untuk sama-sama melakukan ritual itu. Namun yang anehnya, saya mendengar suara bisikan entah dari siapa, suara itu sangat pelan namun tegas. Berbisik ditelingaku “ROE Jangan mengikuti ritual itu, bacalah Al’Quran surah Ali Imran ayat 88, bacalah dan jangan mengikuti mereka". Seketika itu juga saya terbangun dengan nafas yang ngos-ngosan. Karena masih dalam keadaan ngantuk, saya mengambil HP dan mencatat Surah Ali Imran ayat 88 di HP saya. Kemudian melanjutkan tidur. Alhamdulillah mimpi itu gak berlanjut.

Selesai shalat subuh, saya sungguh penasaran dengan Mimpi itu. Karena saya tidak memiliki Al’Quran terjemahan, maka keingintahuan saya tentang arti surah Ali Imran ayat 88 itu terpaksa tertunda. Paginya saya bekerja seperti biasa, dan baru pulang sore harinya. Dengan rasa penasaran yang masih menghantui pikiran, selepas shalat Mahgrib saya meminjam Al’quran terjemahan dari teman kost.

Demi Allah, saya benar-benar terdiam kaku ketika membaca arti Surah Ali Imran Ayat 88 ini. “mereka kekal di dalamnya, tidak diringankan siksa dari mereka, dan tidak (pula) mereka diberi tangguh, (QS. 3:88)”. Seketika itu juga rasa penasaran itu terkuak, jujur saja saya sempat menangis membaca ayat ini berulang-ulang. Didalam ayat itu ada kata-kata “mereka” , saya takut dan benar-benar takut termasuk dalam kategori “mereka” yang telah Allah singgung pada ayat diatas.

Namun ketika saya membaca ayat-ayat lain sebelumnya dari surah Ali Imran ayat 88 ini yang artinya kurang lebih seperti dibawah ini:

Ayat 2:
Allah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. (QS. 3:2)

Ayat 83:
Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah-lah mereka dikembalikan. (QS. 3:83)

Ayat 84:
Katakanlah:"Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, 'Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri". (QS. 3:84)

Ayat 85:
Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia diakhirat termasuk orang-orang yang rugi. (QS. 3:85)

Ayat 86:
Bagaimana Allah akan menunjuki suatu kaum yang kafir sesudah mereka beriman, serta mereka telah mengakui bahwa Rasul itu (Muhammad) benar-benar rasul, dan keterangan-keteranganpun telah datang kepada mereka Allah tidak menunjuki orang-orang yang zalim. (QS. 3:86)

Ayat 87:
Mereka itu, balasannya ialah: bahwasanya la'nat Allah ditimpakan kepada mereka, (demikian pula) la'nat para malaikat dan manusia seluruhnya, (QS. 3:87)

ayat 89:
kecuali orang-orang yang taubat, sesudah (kafir) itu dan mengadakan perbaikan . Karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 3:89)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat lain yang tidak saya tulis, surah Ali imran ini berjumlah 200 ayat. jujur Saya hanya berdoa dan benar-benar pasrah kepada Allah agar tak termasuk dari “mereka” yang Allah singgung dari ayat-ayat diatas.

Ya Allah Ya Rabbku, engkau adalah Tuhanku, tidak ada yang berhak disembah selain Engkau. Dan hanya kepadaMU hamba akan kembali. Terima kasih ya Allah untuk semua Nikmat Islam yang telah Engkau Anugerahkan kepada hamba. saya bersaksi bahwa Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.

Untuk kawan-kawan bloger yang mungkin bisa mengartikan mimpi saya ini, dengan senang hati saya menunggu jawabannya. Karena bisa jadi ada arti lain. Waullahualam bishawab (roe)

24 KOMENTAR:

Cakyoudee mengatakan...

Alhamdulillah bagi yang sudah tahu ilmu islam, Allah telah menunjukkan dan memberi hidayah, dr luar / dalam, syar'i / haqiqi.

Wainna haadza shirootimmustaqiem, walaa tattabi'ussubula......al aayah..!

Anonim mengatakan...

subhaanallah ... bang roe, baru saja beta baca tulisan ini, beta terharu membayangkan akang... mudah2an Allah swt memudahkan katong samua untuk mendekatkan diri kepada-Nya melalui risalah kebenaran al islam. mudah2an mimpi itu mnjadi penguat keimanan buat abang Roe, amin... hijab perintang nur al Haq akan tersingkap bagi insan yang semakin yakin dalam eksistensi penghambaan serta memenuhi tazkiyatunnnafsi...Allah Maha berkehendak ... ^^ by ruS'an latuconsina

ARai mengatakan...

Wah asli aq merinding bacanya neh Oom..smoga kita semua termasuk golongan orang2 yang dilindungi Allah SWT untuk mencapai Syurga-Nya yah...Amiin!!

abiyasa mengatakan...

Ketika saya baca Al-Qur’an terjemahan surat Ali Imran ayat ke 81-92 di situ tertulis tentang Janji para nabi kepada Allah tentang kenabian Muhammad s.a.w.dan footnote pada ayat 81 yaitu “para nabi berjanji kepada Allah s.w.t. bahwa bilamana datang seorang Rasul bernama Muhammad mereka akan iman kepadanya dan menolongnya. Perjanjian nabi-nabi ini mengikat pula para ummatnya”.

Ana bukan Ustadz tafsir mimpi akhi. Ana hanya bisa mengutip footnote ayat 81: “para nabi berjanji kepada Allah s.w.t. bahwa bilamana datang seorang Rasul bernama Muhammad mereka akan iman kepadanya dan menolongnya. Perjanjian nabi-nabi ini mengikat pula para ummatnya”. Tentunya kita sudah berjanji-bersyahadat atas nama Alloh ta’ala. Maka bukan hanya antum saja untuk semua umat muslim bahwa makna dua kalimat syahadat –yang intinya adalah tauhid—harus benar-benar tercermin dalam jiwa dan perbuatan orang yang mengikrarkannya. Dan bagi orang yang mengikrarkan syahadatain itu bentuk pengakuan dirinya sebagai hamba Allah. Sebagai hamba Allah, orang yang berikrar tadi tidak ada pilihan kecuali mencontoh pribadi Rasulullah saw. dalam segala sisi kehidupannya, baik dari sisi akidah dan ibadah, maupun sisi-sisi lainnya seperti sikapnya terhadap istri dan pelayannya di rumah, pergaulannya bersama-sahabatnya, akhlaknya dalam melakukan tansaksi bisnis dan kepemimpinannya sebagai kepala Negara. Kenapa? Karena Rasulullah adalah seorang hamba Allah sejati yang memang dibentuk sebagai figur ideal yang wajib dicontoh akhlaknya.

Untuk menjaga kemurnian tauhid, seperti yang dicontohkan Rasulullah saw., seorang hamba hendaknya menghindar jauh-jauh dari hal-hal yang merusak kemurnian tauhid sebagai cerminan dua kalimat syahadat tersebut. Setidaknya ada tiga hal yang bisa membatalkan syahadatnya, yaitu asy-syirku (menyekutukan Allah), al-ilhaadu (menyimpang dari kebenaran), dan an-nifaaku (berwajah dua, menampakkan diri sebagai muslim, sementara hatinya kafir).

Ketika ada peristiwa atau mimpi maka disitu ada hikmah yang dapat diambil. Hikmah yang nantinya akan kita ambil pelajaran sehingga iman dan amal sholeh kita menjadi lebih baik. Lewat mimpi itu kita (bukan antum saja tentunya) akan diberi pertanyaan, “apakah syahadat kita sudah benar-benar tercermin dalam jiwa dan perbuatan kita yang mengikrarkannya?.”..
Allohu a’lam bishshowab.

ezZa mengatakan...

aduh, aku jadi ngeri...

palagi skarang aku jarang shalat...

mimpi kadang bisa aneh2 ya roe...

Eucalyptus mengatakan...

Subhanallah, kalau diingatkan berarti Allah masih sayang sama kamu kan Roe? Merinding saya ngebayangin mimpi kamu itu.... moga2 kita tidak termasuk "mereka" yang kekal selamanya di neraka ya.... naudzubillah...

nataludin mengatakan...

Subhanallah.... memang nabi Muhammad SAW telah mewariskan 2 hal perkara, bilamana kita mengikuti 2 hal tersebut maka akan selamatlah kita.

Terkait mimpi tersebut.... apakah selama ini anda merasa bimbang pada keimanan anda?... moga ndak..ya??

Novee mengatakan...

sbnrnya tanpa *dipaksa* lewat mimpi ato *dipaksa* buka surat tsb, kita sbg muslim harus yakin bgt bhw islamlah agama yg benar, dimana Allah adalah Tuhannya & Muhammad saw Rasulnya..
shg kalo ada bujukan2 bhw stlh nabi terakhir msh ada nabi lain, ga prl kita pikir2 lg slain mengacuhkan nya.

btw.. kamu srius beneran mimpi itu..?
ato gara2 abis ntn mengaku rasul?
paling ga gara2 liat iklan film mengaku rasul di tv.. heheee

wanadamsyah mengatakan...

Bro... terus terang, ana nggak bisa bantu ngartiin ntu mimpi, maklum waktu pelajaran terawang mimpi, ana keluar pipis jadi nggak kuasai (wakakakakak).

tapi yang pasti, wak merinding denger cerita loe bro.

ana juga sering dapet mimpi yang begituan, tapi biasanya kalo' ana habis bikin salah, tapi nggak sadar, nah lewat mimpi ana baru paham.

bersyukur lah kita yang masih diingatkan oleh Allah SWT.

ROE mengatakan...

to tante novee :
iya sih tante tanpa dipaksa lewat mimpipun seharusnya kita udah mantap. tapi ditegur lewat mimpi juga kan sebuah anugerah, karena dengan begitu saya merasa bahwa Allah tuh masih sayang sama saya.

and tentang mimpi ini sendiri. DEMI ALLAH tante ini bukan cerita rekaan tapi benar2 sesuatu yang memang saya alami. benar2 saya alami dan baru sekali seumur hidup.

saya malah blom nonton film mengaku rasul, tapi kelihatannya ini gara2 kebawa kontroversi aliran Ahmadiyah dalam beberapa hari kemarin.

sedangkan tentang ritual adat yg berjubah Islami itu, ritualnya sudah sering saya liat dari SD sampe SMA. malah terjadi disekitar saya, dan saya tahu betul apa yang mereka sebut, meminta, berdoa selain nama ALLAH. jadinya dari kecil saya tuh dah berpikir tentang kebiasaan yg salah itu.

dan Alhamdulillah saya baru dikasih tahu lewat mimpi itu, walau sebenarnya gak lewat mimpipun saya sudah tahu. tapi di mimpi itu lebih meyakinkan Hati.

t i n i mengatakan...

Semoga kita selalu dalam jalan yang lurus ya.
Jangan melenceng kayak sekte2 yang ga sesuai dengan akidah itu..

rian mengatakan...

mimpi itu mungkin terkait dengan yg bang Roe tulis tentang Islam di indonesia, dan hal seperti itu (bakar2 dupa dsb) sangat banyak di sekeliling kita, walo mereka juga mereka sholat dan melaksanakan ibdah yg lain tapi masih melakukan ritual2 yg dasarnya bukan islam tapi budaya yg justru bertentangan dengan tauhid

gubuk cah bodoh cla_x mengatakan...

oke trims roe. ini baru mulai aktif lagi posting nya.

Rozy mengatakan...

Assalamu'alaikum Mas ROE,

Saya tidak akan menakwilkan mimpi Mas ROE di atas, karena saya bukanlah ahlinya. Saya hanya ingin mendo'akan Mas ROE, semoga Allah SWT senantiasa membimbing sisa-sisa umur dan langkah hidup Mas ROE agar tetap istiqomah di Jalan-Nya, melembutkan hati Mas ROE agar mudah dan lapang utk menerima kebaikan yang datang...amin Allahumma amin..

Wassalam,
Rozy

namaku wendy mengatakan...

untung bukan mimpiin wen yah roe hehehe;p
senangnya bs dkasi mimpi yg demikian, tp wen gak ngiri dink soalnya roe udah berbagi sama kita2 wat ngingetin kita2 juga. mudah2an kita senantiasa berada dlm nikmat Iman & Islam, sll brada di jalanNya, tidak dipalingkan dariNya, amiiin:)

nexlaip mengatakan...

subhanallah....semoga Allah senantiasa membimbing, menjaga serta memberikan hidayah dan inayah NYA kepada kita semua.........semoga Allah SWT memberkahi ente Roe...

Anik mengatakan...

Mau ngintip... Semoga blog anda barokah. Banyak pengunjung. Semoga maju terus...
Blog ku ada

alex mengatakan...

Ass.

memang mimpi bunga tidur, tapi kadang bagi orang Shaleh mimpi itu kadang ada hikmahnya...

Membaca postingan mas Roe, sy terharu...InsyaAllah itu adalah sebuah KEBENARAN, sama ketika bermimpi bertemu dengan RASULULLAH.

Kadang kita dlm keseharian ada memikirkan sesuatu hingga terekam dlm ALAM BAWAH SADAR kita, hingga membuat kita mimpi.

Mimpi yg baik itu datangnya dari ALLAH. (mimpi mas Roe InsyaAllah mimpi BAIK)

Mimpi buruk itu datangnya dari syaitan.

new_techno mengatakan...

Hiks..hiks.. aku jadi kepikiran, apakah aku pernah memercayai Tuhan selain Allah SWT... Semoga mimpi tersebut merupakan mimpi yang baik, saudaraku ... (kok jadi serius gini kalo aku ngash komen &_&)

thya mengatakan...

ih roe, ko bisa sih mimpi begitu, seumur2 belom pernah mimpi tentang Al-Qur'an,m apa kebanyakan dosa kali yak..??

sarie mengatakan...

wah,subhanallah kamu bisa mimpi itu roe..aku juga bacanya sampe merinding...Semoga aja kita termasuk orang yang di cintai olehNya ya roe..amin

Vina Revi mengatakan...

Jujur aja, selama ini aku enggak pernah berusaha mengartikan sebuah mimpi.
Anggap aja kalo pas dapet mimpi buruk itu artinya aku kecapekan.
Kalo dapet mimpi indah, itu artinya mood-ku lagi baik.
Gitu aja ... :)

GerimisKecil mengatakan...

cuma ada satu jalan yang benar dari-Nya
yakini dan jangan ditinggalkan..
wallahu'alam..

JoVie mengatakan...

keren euy...

Insya ALLAH...
Amin