-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Semua Tulisan yang kurang bagus ini hanyalah sebuah proses belajar untuk memahami realita diriku dan dunia luar. Selamat menyelam dalamnya lautan ideku dari sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang bisa saja objektif dan bisa pula subjektif. Kebenaran hanyalah Milik Allah Subhana Wa Ta'ala semata. Semoga tulisan-tulisan dalam blog ini Bermanfaat bagi kita semua. aamiin
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Awards dan opini

10 November, 2008

Sedikit Opiniku tentang Amerika dan Obama
^Roe Salampessy^


Perubahan bukan slogan kosong yang datang dari atas,
tapi dari pengalaman berpolitik dikalangan akar rumput
-Barack husein Obama Jr-



Akhirnya drama panjang pemilihan Presiden Amerika Serikat berakhir dengan kemenangan Barack Husein Obama Jr. Pria sederhana yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia ini mengalahkan Jhon Mc.Cain yang secara politik dan nama besar lebih berpengalaman darinya. Diapun mengukir sejarah sebagai orang kulit hitam pertama yang berhasil menjadi Presiden Amerika Serikat di Negera yang mayoritas penduduknya adalah orang kulit putih.

Salut untuk Obama, tak ada kata yang pantas disematkan buat manusia satu ini selain kata "luar biasa". Publik Amerika serikat dan dunia dibuat takjub oleh semangat pembaharunya, sampai-sampai kemenangannya disambut meriah dan dirayakan oleh sebagian besar para penggemarnya di beberapa Negara. Fenomena Barack Obama saat ini hanya bisa disetarakan dengan kiprah Presiden Ahmadinejad dari Iran yang juga mengguncang publik Iran kala itu ketika mendobrak dominasi generasi tua yang telah mapan secara politik maupun nama besar.

Apa yang bisa kita petik dari kisah Obama atupun Ahmadinejad ini. Tak banyak, mungkin hanyalah semangat perubahan, jalan hidup, kesederhanaan, dan jiwa besarnya yang bisa memberikan inspirasi bagi kita generasi muda yang haus perubahan.


sedikit Opiniku tentang kiprah obama
Sama seperti pemilihan presiden di Negara kita, Obama pun banyak berjanji dan memberi harapan bagi publik Amerika Serikat saat berkampanye dulu. Terlepas dari janji-janjinya didalam Negerinya itu, saya tak peduli dengan realisasinya, toh kita hidup di Negara yang berbeda, yang ada dalam pikiran saya hanyalah kebijakan luar negeri ala Obama nanti, terutama kebijakannya menyangkut kawasan timur tengah, kawasan asia tenggara, isu teroris, isu nuklir dan lain sebagainya.

Kita tahu, Amerika merupakan penganut kapitalisme yang sangat fanatik. sebuah sistem yang menjadi biang keladi ketimpangan sosial didunia. inilah kemudian yang membuat saya sering bertanya dalam hati "apakah kemenangan Obama adalah sebuah jalan perubahan untuk dunia" sementara hegemoni sistem kapitalisme ala amerika benar-benar telah menancapkan kukunya diseantero dunia. Inilah permasaalahan yang harus dijawab oleh Obama dan orang-orang yang mengidolakan dia. Apakah Obama akan berbaik hati dengan mengusahakan perdamaian di palestina, irak, dan lain sebagainya. Apakah dia akan rela menarik semua perusahan-perusahan Amerika yang dalam tanda kutip menjadi penjajah dinegara-negara Ketiga (negara-negara berkembang) yang telah menyengsarakan ribuan rakyat pribumi ditanahnya sendiri. Apakah Obama akan tetap membiarkan Iran membangun reaktor nuklirnya demi kemajuan teknologi. Itulah sedikit pertanyaan dari sekian banyak pertanyaan lain yang perlu dijawab olehnya.

Menurut hemat saya, Obama akan lebih serius membenahi sektor perekonomian didalam negerinya, sementara kebijakan luar negerinya tidak akan jauh berbeda dengan pendahulu-pendahulunya. Amerika tetap Amerika.. Negara yang rakus, arogan dan sombong. Dunia tak butuh Figur, dunia butuh perubahan sistem. sudah saatnya kapitalisme di musnahkan dari muka bumi ini. saya bukannya antipati dengan Obama dan tidak menggangap dia figur yang dirindukan oleh dunia ini, saya hanya pesimis dia akan membawa dunia ke arah yang lebih baik -tanpa peperangan, tanpa teror ke negara-negara lemah, tanpa sok jagoan dengan peralatan militernya untuk menakuti negara-negara kecil-. kenapa? Karena dalam pandangan saya, selama Kapitalisme Amerika masih menjadi momok bagi masyarakat dunia (terutama Negara-negara Berkembang), maka Obama hanyalah sekedar fenomena dalam negerinya sendiri bukan fenomena dunia.

terlepas dari pandangan diatas, mari kita tungguh kiprah Obama yang sesungguhnya setelah pelantikan dirinya Januari 2009 nanti. semoga ketakutan saya dan orang-orang yang masih tetap pesimis dengan Negera Amerika tak terbukti dikemudian hari saat Obama menjalankan pemerintahan Amerika Serikat beberapa tahun kedepan. (ROe)

********************************************************************************

AWARDS

untuk keempat kalinya saya dikasih award dari sahabat-sahabat baikku di jagad blogsphere, ucapan terima kasih aja deh buat dua orang sahabat saya yang ngasih awards, thya and riafvanti, walaupun saya gak ngerti nih awards maksudnya apa (maklum pake bahasa inggris soale.. hehehe). ini dia 2 awards buat saya:


nih awards namanya : Gokillz

kalo gak salah sumbernya dari sini
gak tahu maksudnya apa nih, hehehe..
buat thya yang ngasih nih award, thanks deh.
tapi binggung, 5 gokil aku apa yah, hehe..





yang ini namanya : Butterfly Award

buat Riafvanti, thanks banget awardnya
walupun saya gak tahu...
nih award sumbernya dari mana.
thanks buat pembuat award bersambung ini.







Setelah membaca :
ternyata nih awards harus dilanjutin buat 10 blogger
setelah menimbang :
ternyata jumlah blogger yang ada di link blogroll saya lebih dari 10 blogger.
dan memutuskan:
dengan berat hati dan sedikit malanggar aturan main pembuat Awards, sama seperti award-award sebelumnya, akhirnya saya memutuskan untuk memarkirkan nih award di blog saya alias tidak dilanjutin kesiapapun. karena begitu banyak blogger yang terdata di blogroll saya, alasan ini sederhana "karena saya tidak ingin adanya diskriminasi awards buat kawan2 bloger" harap maklum yah! hehehe... namun kalo ada yang ingin ngambil dan memajang nih awards, dengan senang hati saya persilahkan.

22 KOMENTAR:

thya mengatakan...

pertamaa! :D

hmm, semua orang juga salut sama obama, termasuk ty!
his political view, termasuk juga karena perubahan yang dia tawarkan..

tapii, terlepas dari itu, pada dasarnya dia termasuk gol demokrat, inget loh, demokrat (kalo gak salah) yang ngebawain penyakit sepilis ke indonesia (sekularismepluralismeliberalisme), kucuran dananya dimana2 disini broe!
rest,setuju! we'll see..

**sebenrnya ty sendiri ngefans karenaaaaa dia keren, tapi terlalu kurus ah, hehehe...

semoga beneran aja dia membawa perubahan buat dunia juga, bukan hanya amerikanos.

betewe, yang bener itu pigur apa figur roe? hihihi...

-peaceloveandgaul-
:P

thya mengatakan...

roevhy,
perasaan mah awardnya itu Gokillz award deh, bukan Go for Kill :)

gapapa, nanti yang punya takut ngamuk, hihihi...

**maaf, ngembat tempat kedua juga

uNieQ mengatakan...

mari qt tunggu kiprah OBAMA:)

ehhh award gokilnya kok ga dikerjain?? pengen tau Roe bisa gokil ga??? hihihi

selamat butterfly awardnya :D

ROE mengatakan...

==> Thya :
hmm.. postingannya dah diralat tuh. hehehe..
iya roe juga tahu, kalo neng thya itu ngefans ama si obama yang ganteng itu. hehehe..

++> Thya lagi :
awardnya dah diralat juga tuh.. hehe..

==> Unieq

mari kita tunggu sama-sama.

hahaha... gokil, hmmm.. banyak banget sebenarnya gokil. hehehe.. tapi itu my privasi.

and makasih ucapan selamat untuk awardsnya. kalo cc mau, boleh tuh diambil buat pajangan. hehehe

Lyla mengatakan...

Tunggu aja gimana sepak terjang Obama. Btw selamat ya dapet award banyak :)

abiyasa mengatakan...

ayo kita tunggu kebijakan Obama..saya kira (analisa) AS tetap AS sebagai penjajah dunia..

Btw, gambar kupunya bagus tuch :)

Tony mengatakan...

ulasannya mantap :) dan selamat untuk awardnya

bidikCOM mengatakan...

"Sedikit Opiniku tentang Amerika dan Obama"

....seperti pemilihan presiden di Negara kita, Obama pun banyak berjanji dan memberi harapan bagi publik .........( Emang senjata pamungkas, ya....janji-janji itu )

"Dunia tak butuh Figur, dunia butuh perubahan sistem...." ( Setuju bung..., kalau sistem banyak berubah, khan kesejahteraan meningkat )

"...semoga ketakutan saya dan orang-orang yang masih tetap pesimis dengan Negera Amerika.... (mengapa mesti takut... emang gue pikirin..he..e..h....eh..hegh (batuk nich)....toh kita hidup di Negara yang berbeda....... kita khan punya senjata juga, meski cangkul, clurit, bambu runcing yang penting semangat membela tanah air tertanam dengan kuat di hati kita... betul ndak)

acy mengatakan...

semoga obama memang membawa angin segar bagi kita semua, semoga aza begitu :)

else mengatakan...

Amerika tetap Amerika.. Negara yang rakus, arogan dan sombong. Dunia tak butuh Figur, dunia butuh perubahan sistem. sudah saatnya kapitalisme di musnahkan dari muka bumi ini.>>>>> aq setuju ma yg ini ROE, mari kita bersama membuat perubahan, gantikan sistem kapitalis dngan sistem yg islami, yg tlh terbukti tangguh dan dpt bertahan selama lbh dr 4 abad, mana ada sistem yg dpt bertahan selama itu?, jk sistem islami di terapkn skrg, mk akn bertahan SELAMANYA, aminnnnn

Eucalyptus mengatakan...

Harap2 cemas aja deh nunggu perubahan utk lebih ke arah baik dari Obama, secara dia sekarang orang no. 1 di negara adi kuasa, pastinya setiap kebijakannya akan mempengaruhi dunia, termasuk Indonesia juga kan?

R0e mengatakan...

==> Lyla :
kita hanya bisa menunggu kiprahnya OBama.. and thanks, mau diambil awardnya.. monggo jeng Lyla. hehe..

==> Abiyasa :
ayo kita tunggu..
mau diambil kang kupu2nya. hehehe.. tapi ditempat akang kayaknya dah banyak kupu2nya. hehehe..

==> Tony :
makasih..

==> bung nattaludin :
....seperti pemilihan presiden di Negara kita, Obama pun banyak berjanji dan memberi harapan bagi publik .........( Emang senjata pamungkas, ya....janji-janji itu ).... emberrrrr

"Dunia tak butuh Figur, dunia butuh perubahan sistem...." ( Setuju bung..., kalau sistem banyak berubah, khan kesejahteraan meningkat ).. setuju juga sya.

===> Acy :
semoga obama memang membawa angin segar bagi kita semua, semoga aza begitu :)..... mudah2an yah cy. kasihan dunia terlalu lama dibawah hegemoni amerika yang arogan itu.

===> ELSE :
mari kita bersama membuat perubahan, gantikan sistem kapitalis dngan sistem yg islami, yg tlh terbukti tangguh dan dpt bertahan selama lbh dr 4 abad, mana ada sistem yg dpt bertahan selama itu?, jk sistem islami di terapkn skrg, mk akn bertahan SELAMANYA, aminnnnn....... amieennnnn juga neng else

===> bunda evie :
tul sekali bunda.. moga2 kebijakannya gak ngawur kayak si Mr.Bush itu.

Dien mengatakan...

Opini yang menarik, kawan. Janji Obama cuman bisa diliat beberapa bulan mendatang atau tahun depan. Apakah janji itu sebuah pemanis atau realita...

Kita tunggu berita selanjutnya.

ijal mengatakan...

hmm... mau komen apa ya..

obama itu seperti pisau, bisa jadi tajam tapi juga bisa jadi tumpul.. (alah..)

tp memang banyak orang yang mengharapkan doi bisa membawa perubahan di dunia ini..


jadi kita tunggu saja apakah dia adalah dajjal atau malah imam mahdi?

Febra mengatakan...

alao bung ROE..apa kabar?

obama?? dia jadi presiden usa yg ke 44 sesuai dengan karakter namanya. diaman USA lagi dirundung banyak maslah.

OBAMA = Ohh Banyak Masalah

wakakaka..wagu tenan aku ki :D

ndutyke mengatakan...

kurang lebihnya sih, harapanku thdp Obama, samalah seperti yang ada di postinganmu ini, Roe.

Presiden AmerikaSerikat, bagaimanapun juga tetaplah Presiden dari AmerikaSerikat yang akan membela kepentingan bangsa dan negaranya. but at least, janganlah kita berburuk sangka terlebih dahulu (aku tdk bermaksud mengatakan bahwa postingan ini berburuk sangka kepada Obama loh ya..).

semoga saja, Obama bisa menjadi Presiden yang lebih baik. seenggaknya kalo kita bandingkan dengan Bush Sr. dan Bush Jr.

Judith mengatakan...

Benar sekali kata Tony, ulasan Roe mantap :) ... juga selamat ya nyong dapat award he he..

Biar usi seng salah kaprah, lebih bae usi badiam dolo tentang Obama. Maklum usi gaptek politik he he :D

Salam..

bebek lebih dari baik mengatakan...

hahaha... saya sih senang obama yang menang

pertama dia ga suka ngomongin tembak-tembakan, seperti saya..

kedua.. 4 taun masa kecilnya ada di indonesia. dan saya? iya sama juga

ketiga?.. dia item, lagi2 seperti saya :D

hh, begitu banyak kecocokan diantara kami,,

(wkwkwk.. paan sih ngelantur.. hh,, obsesi ngobrol ma obama, mode : on):D

*eh,eh, pawang bebek. awardnya banyak sekali..
ckckckc

ROe mengatakan...

==> DieN :
makasih kawan.. inilah dunia politik, dunia yang tak lepas dari janji2. mari kita tunggu bareng2 kiprah Obama selanjutnya.

==> IjaL :
Obama seperti pisau, kelihatannya bisa jadi boss, oke.. mari kita tunggu apakah dia adalah dajjal atau imam mahdi.

==> Febra:
OBama = oh banyak masalah... hahahaha... ada2 aja bung. thanks yah.

==> Ndutyke ;
saya gak berburuk sangka ataupun antipati kepada Obama, hanya sedikit pesimis dengan amerika, bukan Obama loh.. karena menurut saya.. bila obama mau lebih baik dari bush sr and jr, maka dia harus memutus mata rantai arogansi amerika selama ini, jangan liat Obama-nya, tapi orang2 disekitar dia yang sarat kepentingan.. hehhe.. makasih yah.

==> usi Judith :
hehe... makasih pujiannya!.
diam lebih baik yah usi, sambil menunggu kiprahnya yang sebenarnya..

makasih usi, tuk ucapan awardsnya..

==> ririn (si bebek)
kayaknya bebek tukar warga negara aja kali yah.. hehehehe... piss bebek.

aphied mengatakan...

moga2 Obama mampu membawa p[erubahan sprt janjinya dlm kampanye...

Go Obama.....!

Nyante Aza Lae mengatakan...

dq jadi inget sm artikel di majalah "21 april"..ada o bama, o papa!.

ROe mengatakan...

TO APHIED AND NYANTE AZA LAE.

THANKS KOMENTARNYA...