-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Semua Tulisan yang kurang bagus ini hanyalah sebuah proses belajar untuk memahami realita diriku dan dunia luar. Selamat menyelam dalamnya lautan ideku dari sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang bisa saja objektif dan bisa pula subjektif. Kebenaran hanyalah Milik Allah Subhana Wa Ta'ala semata. Semoga tulisan-tulisan dalam blog ini Bermanfaat bagi kita semua. aamiin
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Refresh and awards

20 Januari, 2009

kadang-kadang
:untuk tetangga kamarku yang menyukai ice capucino?

^Roe Salampessy^


Aku, kadang-kadang selalu berpikir tentang jalan hidup yang berjalan seiring garis imajinasi kita, tapi kadang-kadang aku menganggap itu hanyalah sebuah utopia. Kadang-kadang sebuah pertemuan, aku anggap hanya sebuah kebetulan, tapi kadang-kadang juga aku tak meyakini presepsi itu, aku selalu menganggapnya kesengajaan. Seorang sufi pernah berkata "gerak tubuh seorang hamba karena atas izin roh-nya, dan gerak Roh itu atas izin Tuhan-nya", ya, aku selalu meyakini kalau pertemuan itu selalu atas izin dari Rabb-ku.

Aku selalu mengganggap hidup itu seperti menyusun puzzle! kadang-kadang aku terjebak dengan lembaran-lembaran puzzle yang tampak sama, lalu berusaha membentuk lembaran-lembaran puzzle itu menjadi satu lembaran kehidupan yang sempurna. Tapi, kadang-kadang apa yang aku harapkan saat menyusun puzzle itu bisa berantakan seketika dalam hitungan detik, Ada saja tangan-tangan jahil yang membongkar susunan puzzle yang mulai terbentuk itu. Akupun selalu berpikir hidup ini ibarat mimpi-mimpi yang bersambung setiap kali kita pulas dipundak waktu, dan saat kita terbangun, semua itu telah sirna seiring kehidupan nyata yang menunggu kita. Kadang-kadang mimpi itu ingin kita realisasikan, tapi kadang-kadang dia terbentur dengan tembok ego yang mengekang eksistensi kita.

Aku, kadang-kadang ingin memarahi waktu yang berlalu begitu cepat, lalu menamparnya dengan tanganku sendiri. Tapi kadang-kadang aku selalu berpikir "bukankah banyak manusia yang terjatuh dalam lembah kebodohan karena menyia-nyiakan waktu". Aku, kadang-kadang ingin bersekutu dengan sang waktu, tapi kadang-kadang egoku menolak untuk didikte waktu. kadang-kadang pula aku menyesal karena waktu begitu tega menggilas semua kenangan yang terbentuk dimasa lalu, walau kadang-kadang aku dibuat terpesona dengan cara waktu mengelolah perbedaan-perbedaan menjadi cerita menarik. Subhanaullah..!!!

Aku, kadang-kadang sempat berpikir agar DIA mencabut saja nyawaku, tapi kadang-kadang aku tersadar "bukankah Tugasku sebagai KhalifahNYA belum aku tuntaskan dimuka bumi ini". masih banyak tugas-tugas mulia yang tertunda karena kelalaianku sebagai HambaNYA.

Aku juga kadang-kadang berpikir tentang kebencian terhadap sesama manusia. tapi kadang-kadang aku mempertanyakan kebencian itu sendiri "bukankah orang yang membenci adalah orang yang jauh dari rahmat Allah". Ya, kebencian tak seharusnya ada.

Aku, kadang-kadang berpikir, kalau hidup adalah sebuah lelucon yang kita ciptakan sendiri. tapi kadang-kadang aku tak percaya dengan lelucon-lelucon itu, bukankah kita memiliki garis takdir masing-masing yang telah tertulis di lauhul mahfuds. walaupun aku sempat bertanya tentang eksistensi takdir itu sendiri, yang kadang-kadang membuatku terjebak saat memaknai realita hidup yang tak sesuai dengan keinginanku. Kadang-kadang aku mencela garis nasibku yang berbeda dengan manusia-manusia lain, tapi kadang-kadang aku dibuat berpikir "bahwa seseorang dinilai di mata Allah bukan karena kekayaan, kecantikan, ketampanan, kedudukan dan status sosialnya, melainkan karena Akhlaknya". Kadang-kadang hal inilah yang selalu membuatku mencintai garis nasib sendiri.

Aku, kadang-kadang bertanya tentang komitmen dalam hidup, tentang apa saja (cinta, pekerjaan, hubungan persahabatan, hubungan keluarga dan hubungan dengan manusia lainnya) "apa perlu kita berkomitmen"? untuk beberapa hal memang perlu ada komitmen, tapi kadang-kadang akupun berpikir "apakah komitmen saja sudah cukup?". Aku pernah terjebak dengan sebuah komitmen, komitmen yang telah menjebakku dalam sebuah labirin ketidakpastian. Kadang-kadang aku terjerembab, bahkan sulit menemukan jalan keluar dari labirin itu, aku tersesat untuk waktu yang lama, lalu kembali lagi pada tempat semula dan aku berhenti mencari jalan keluar itu. Namun ketika ada seseorang yang meyelamatkan aku dan membawaku keluar dari labirin ketidakpatian itu, akupun mengucapkan terima kasih untuknya. Walaupun kadang-kadang sang penyelamat tak selamanya menjadi penyelamat kita. Ya, itu tadi, aku lagi-lagi takut terjebak dalam labirin ketidakpastian dan akhirnya harus menunggu lama, mengharapkan penyelamat yang lain datang dan mengeluarkan aku untuk kedua kalinya dari labirin yang sama.

Aku, kadang-kadang berpikir tentang defenisi, interpretasi, sudut pandang dan paradigma yang terbentuk untuk hari kemarin, hari ini, dan hari esok. Kadang-kadang apa yang dipikirkan hari kemarin tak selamanya sinkron dengan hari ini apalagi hari esok. Semua defenisi, interpretasi, sudut pandang atau paradigma itu selalu mengikuti arus peradaban yang terbentuk mengikuti watak manusia, sifat, karakter, dan suasana hatinya. Walaupun kadang-kadang aku berpikir "bahwa tak selamanya defenisi, interpretasi, sudut pandang, dan paradigma hari ini lebih baik dari hari kemarin". bahkan bisa jadi semua yang hari ini atapun esok lebih buruk dari hari kemarin.

Aku, kadang bertanya-tanya tentang permulaan dan akhir dari sebuah cerita. Kadang-kadang kupikir kisahku dengan seseorang barulah dimulai ketika rasa itu mulai terbentur egoisme lingkungan disekitarku, aku mencoba memulai cerita itu dengan tantangan yang ada. Tapi kadang-kadang saat aku akan memulai cerita itu, segalanya tampak berakhir. Aku bingung. Awal dan akhir bisa terdistorsi oleh Fluktuasi perasaan. Padahal, kadang-kadang aku berpikir selama bumi masih berputar dan matahari masih bersinar, bukankah cerita itu belum berakhir hingga Allah Yang Maha Kuasa memutuskan Akhir dari cerita itu. Tak ada yang tak mungkin di dunia ini.

Aku, kadang-kadang berpikir tentang perjuangan mempertahankan rasa, tapi kadang-kadang aku harus berhadapan dengan tatapan sinis manusia-manusia egois disekelilingku, kadang-kadang aku takut, kadang-kadang juga aku berani, walaupun keberanianku ini sedikit dipaksakan dengan mempertaruhkan ego dan rasa malu. Kadang-kadang aku sering berharap, ada orang yang mau menopang keberanianku ini, tapi kadang-kadang harapanku hanya harapan hampa, dunia seakan berpaling dan mencemoohku dengan keberanianku ini. Ya, mungkin cuma DIA, DIA yang Maha Besar, Rabbku tempat aku gantungkan semua asa dan harapan itu disetiap sujudku disepertiga malam.

Kadang-kadang aku bingung dengan apa yang aku tulis. Seandainya anda bingung dengan tulisan ini.. Maafkan aku.! Aku hanya ingin menuliskan apa yang memang seharusnya ditulis. Buat aku, menulis adalah ekspresi rasa yang tertuang lewat kata-kata untuk mengurai benang kusut yang mengikat tak beraturan di otak'ku. Dengan pena-lah! aku ingin belajar memaknai hidupku sendiri. (Roe)

*untuk tetangga kamarku:
"Aku tak pernah menghilang...!!!
Aku selalu disini. menunggumu dengan segelas ice capucino!!

==========================================

AWARDS..!!!

Lagi, lagi dan lagi.. saya kebagian award dari seorang blogger sahabat saya di dunia maya ini. sebenarnya award ini udah lama bergentayangan di dunia maya (sering lihat diblog-blog yang lain) hehe.. tapi entah kenapa baru mampir ke tempat saya. okey.. thanks untuk Dnahdiar, seorang pujangga muda yang menurutku hebat dalam merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat indah.

sebenarnya ada beberapa pilihan award yang ditawarkan, hmm.. dengan intuisi dan feeling yang saya punya, akhirnya award inilah yang aku pilih..!!


ini adalah TAG PERSAHABATAN.

semoga persahabatan ini tetap terjalin didunia maya, walaupun mungkin kita tak pernah bertatap muka secara langsung.!

oyah... sama seperti award sebelumnya. award ini gak saya lanjutkan ke blogger-blogger yang lain. ini adalah peraturan sepihak dari saya. harap maklum mas Dnahdiar. hehe..



35 KOMENTAR:

thya mengatakan...

Ada saja tangan-tangan jahil yang membongkar susunan puzzle yang mulai terbentuk itu. >> itu namanya ujian broe, sekuat apa km bisa melewatinya..

aku lagi-lagi takut terjebak dalam labirin ketidakpastian .... >> sepertinya roe akan menyerah kali ini, apapun keputusanmu, yuu ty dukung :) semoga bisa menenangkan hati roe

Kadang-kadang aku sering berharap, ada orang yang mau menopang keberanianku ini..>> amiin, semoga roe mendapatkan impiannya :)

emang kadang gitu roe, giliran lagi desperado aja, lagi sedih,lagi terpuruk, barulah, beralih kepada Rabbnya, giliran lagi seneng aja, weww,,, lupa deh shaum dan tahajudnya
**tya juga gitu soale :p

last
untuk tetangga kamarku:
"Aku tak pernah menghilang, aku selalu disini. menunggumu dengan segelas ice capucino!!

aku dataaaaaaaaaaang..hehehe
tungguin ya :p GR MODE: ON

kapan2 komenya disambung lagi ya, lagi gak konsen, gapapa kan,hehehe *gile, gak konsen aja sepanjang ini

dnahdiar mengatakan...

alhamdulillah n makasih ROE dah mau dipasang, wah kata kata saya masih kurang indah dibanding mas ROE maklum baru, semoga tangan kita serapat tangan di tag persahabatan itu bercengkram kuat sehingga tak ada kemungkinan lepas walau didunia maya. maaf juga roe aku agak merenggangkan tangan beberapa waktu yang lalu biasalah egoku biar bisa salaman dengan yang lain walaupun aku bisa tetap memegang tangan roe kasian juga yang lain mungkin nanti lama aku salamin he3...

aku, hanya ingin mengatakan terima kasih kepada ROE atas rangkaian kata2 indahmu bukan pukulan kebodohan tapi sentuhan yang mendewasakan dan kadang kadang aku berfikir begitu banyak jalan kehidupan yang pastinya selalu ada dua pilihan yang dalam pilihan itu kan selalu bercabang bercabang hingga berakhirnya usia dimana cabang kebaikan dan keburukan berhenti karena itu aku yang bengal kesandung kesampar ini tetap memegang "doa selamat" dan keyakinan "segalah hal yang allah berikan kepadaku ku yakin allah pasti memberikan yang terbaik untukku dan aku takkan pernah ragu" kusimpan ini untukku dan untuk Roe yang khair agar tak tercabut dalam posisi 'su'.

abiyasa mengatakan...

koq kadang-kadang Roe ... seringlah berpikir dan bertanya ... hehehe...

Perahu Kertas mengatakan...

doooh... lagi2 postinganna panjaaaaang hiks... tapi bener tuh kata abiyasa, jangan cuma kadang-kadang, tapi sering-seringlah mampir ke blog-blog tetangga yah :) *loh, kuk ga nyambung yah :D

dnahdiar mengatakan...

bingung Roe mo nulis apa,
pokoknya dari aku, segala hal yang Allah berikan atau ambil kuyakin, Allah pasti memberikan yang terbaik untukku dan aku takkan pernah ragu.

Roe jadilah terus pelita malamku.

thya mengatakan...

"Roe jadilah terus pelita malamku."


haaaaa, serem bacanya **ngakak
kaya apaan aja, huahhhahaha,,

maf dnahdiar :p

tea! mengatakan...

hmm.. ga papa bingung juga. kadang saya juga suka bingung saya nulis apa, komen apa, makan apa.. (lho?!)

else mengatakan...

Roeeeeeeeeee....main puzzle yuk n minum ice capucino
sryuputttttttt

rayearth2601 mengatakan...

tetangga kamar yang sebelah mana mas ?

kiri apa kanan ?

Nyante Aza Lae mengatakan...

es capucino..jauh banget belinya mas..khan ada tuh di warung, gak mesti kampung cino..wkwkwk

ROe mengatakan...

to All :

MAKASIH DEH untuk commentnya.

boodee mengatakan...

kadang ini,
kadang itu,
kadang anu,

well,thats life,bro..

Cakyoudee mengatakan...

Hidup adalah kepastian, kendala dalam perjalanan adalah tantangan yang harus dihadapi dengan tenang dan sabar.

namaku wendy mengatakan...

main puzzle sambil ndegerin utopia plus dtemani segelas ice cappucino ehmmm nyusss tenan roe hehehe

ROEVOLUSi mengatakan...

==> Thya :
ya, ini emang ujian. moga aku bisa melewatinya.
lah, tak ada kata menyerah dalam kamusku. hehe.. maju terus pantang mundur.

==> dnahdiar :
thanks loh untuk awardsnya. and makasih untuk setiap sanjungannya. semua ini mungkin hanya pemebelajaran untuk menemukan eksistensi diri yang menurutku masih bias. hehe..

==> abiyasa :
kadang kadang juga adalah bagian dari berpikir, iya kan kang aby. hehe..

==> perahu kertas :
gak panjang2 amat koq afv, hehe.. iya..iya.. aku akan sering2 mampir ke blogMu. hehe..

==> thya And dnahdiar :
ngomongin apa'an sih.. hehe..

==> tea! :
tea bingung yah, hehe.. saya juga bingung tea koment apa? hoohoo

==> else :
yukk... aku tunggu. hehe

==> reyearth2601 :
tetangga yang sebelah atas, bukan kiri ato kanan. hehe..

==> nyante aza lae :
hahaha......(ketawa ngakak)

==> boodee :
yah, itulah hidup bood. hehe..

==> cakyoudee :
betul sekali cak, saya pun merasakan seperti itu, hidup adalah kepastian, tapi kadang2 saya sering berpikir tentang pencarian kepastian itu. bingung kan! hehe..

==> wendy :
haha.. wendy..wendy..!! yuukkk

Niel Makatita mengatakan...

Pada dasarnya setiap orang pasti menggalami kebimbangan dlm hidupnya. disaat2 seperti itu, kadang kt samar dlm melihat mana harapan dan mana kenyataan.dibutuhkan seorang penyelamat yg saling menyelamatkan untuk sama2 keluar dari dilema ini. buat gw. mengutip perkataan para Sufi " jasad berjalan atas perintah rohnya, dan Roh berjalan atas perintah Allah" Maka kt ikuti aja...Toh,, semuanya sudah tertulis jauh sebelum kt lahir. ini hanyalah satu episode dlm hidup yg harus dilewati.Butuh proses utk memahami bahwa hidup adalah kepastian ! Semua pasti akan ada ujungnya.

Deny Rendra mengatakan...

ketika dihadapkan dengan pilihan, kita harus memilih....

ketika dihadapkan dengan putusan, kita harus memutuskan....

dengan tidak memilih dan memutuskan, mungkin kita tidak akan kalah, tapi menang juga tidak akan didapat !!!

YAKIN USAHA SAMPAI....

ROe mengatakan...

==> Niel :
yap, semua pasti ada ujungnnya.
tapi ada pengucualian ketika jalan yang kita lalui itu buntu. disitulah kita dituntut untuk memilih, antara menyerah (menjadi pecundang) atau balik arah dan mencari jalan lain yang kira2 tak ada jalan buntu-nya.
akhirnya, kita harus sepakat tanpa sadar bahwa hidup ini memang sebenarnya pilihan.


==> hmm.. kadang2 saya juga bertanya antara presepsi oposisi biner antara baik dan buruk, hitam puith, cantik jelek, kanan kiri, atas bawah, kaya miskin.. dll.
kita kadang2 terjebak dalam presepsi ini, bukankah ada wilayah tengah. dihitam putih ada wilayah abu2, di kaya miskin ada wilayah sederhana. dll.
jadi ketika keputusan itu tidak bisa kita pustuskan, dan ketika pilihan itu tidak bisa kita pilih, maka wilayah abu2 itulah yang telah kita pilih secara gak langsung.

yakin usaha sampai.
"salam hijau hitam kawan"

Judith mengatakan...

Rooeee ... bermain puzzle deng Diaz... dia jago nyusun puzzle, he he!

Tergantung mimpinya Roe, kalo mimpi itu buruk.. jangan pernah berharap menjadi ralita. Kadang mimpi indah pun bukanlah bermakna baek.

Berkarya terus Roe, good luck ya :D

Anonim mengatakan...

komen ah,









-thya-

Hikmah San mengatakan...

Salam kenal aja bro!! :)

ROe mengatakan...

==> Usi Judith :
salam buat diaz yah usi.
makasih untuk supportnya.

==> thya :
ya elah...

==> hikmah san :
salam kenal juga.

erwinyustiawan mengatakan...

allahualam mas..kita sebagai manusia hanyaa bisa menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya.. oia nitip taruh link rumah saya yang lain disini ya.. yg mau jadi

blogger matre, tempatnya disini http://www.blogselebduit.com yang mau

pasang iklan gratis, disini http://www.iklanbaris.erwinyustiawan.com :)

thya mengatakan...

apdet !
apdet!
apdet!
apdet dooonkkk :)

mardee mengatakan...

*skip
.
.
.
.
.
.
.
.
.
*masih bingung maksudnya paan ya...

Elsa mengatakan...

selamat yaaa

Alex mengatakan...

kadang aku juga berpikir begitu kawan, itulah suasanan hati kita kawan, itulah fluktuasi keimanan kita kawan, itulah riak-riak jiwa dalam hidup kita kawan. Ia saling tarik menarik, hingga kadang kita tergilas oleh suasana kebimbangan dan penuh ragu. Namun kadang kita begitu mantap dan berani. Itulah makanya semua harus ada penyeimbang, harus ada tawazun, dan kita harus selalu pertengahan (wasathan). bukankah begitu agama kita mengajarkan kawan???

Kadang aku merindukannya mu kawan, namun kamu sering tidak hadir disaat2 aku ingin bicara denganmu kawan. hehe......sehat2 kan roe???

aphied mengatakan...

kadang-kadang, , akupun bingung bagaiman harus mengkomen postingan ini roe.hehe. ..

Anonim mengatakan...

UPDAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATE

kemana sih?



+ penggemar +

ririn mengatakan...

wekekeke...
pawang.. lama ku tak datang...
wekekeke..

setelah dihitung2.. ada23 kata kadang2.. saking heboh menghitung kadang2,, saya ga ngerti isi postingnya,wekekeke

ga lah,, tenang aja pawang.. ngerti lah, dikit2..

kadang2 itu.. bikin semuanya lebih oke, ga monoton.. ga ngebosenin. jadi selalu ada yang ditunggu buat hari besok, hihihi..

Febra mengatakan...

aku juga tak menghilang bro..cuma sembynyi aja hehehe

Pa kabar sobat?lama tak bersua

Otak Cutbray mengatakan...

wow, nice thought... jujur, gw jadi bingung mo ngomong apa... next time setelah belajar banyak dari sini tentang hal-hal yg bersifat religi, mudah-mudahan gw bisa ikut berkontribusi...

:D

Sinopi mengatakan...

ini tentunya hasil perenungan yg panjang *plus bakat menulis..?*
pernah pingin tumpahkan pikiran yg intinya spt tulisan ini, tp sulit mencari padanan kata yg pantas dan Roe bisa..

setujulah say bahwa hidup kadang2 lelucon, disaat kita berada pada episode lawakan yg tak lucu
yg terkadang membuat diri terhenyak & terkaget2 akan perubahan drastis yg tak pernah kita sangkakan bisa terjadi..

saya percaya itu campur tangan Allah jualah, karna hanya Sang Maha yg mampu membolak-balik hati manusia.. dan saya percaya ini pasti ada maksudnya walau blm mampu saya baca..

yg bisa saya lakukan sebagai manusia dhoif & faqir hanya berusaha memperjuangkan harga diri yg sudah hancur terinjak2 angkara murka & kemunafikan..
Allah tentu tak suka bila hamba Nya hanya terpuruk menangis dalam sujud di malam2 sakit hati, hanya mengadu & mengadu tanpa berbuat apa2..
hanya bedanya dg kamu, saya tak berharap ada manusia lain yg masih mempunyai hati, yg sudi menoleh bahkan menopang perjuangan ini..
biarlah pada Allah saja saya gantungkan harapan, karna saya hanyalah debu, yg terhalang permata mutu manikam, tak mungkin ada yg menghiraukan..

bila kemudian ada mata manusia yg bisa melihatnya, alhamdulillah Allah telah menunjukkan teman sejati yg telah diberi Nya rahmat hingga sudi mengulurkan tangan & membantu saya berdiri..

hanya Allah pemilik KEBENARAN..
ntah esok, lusa atau suatu saat, Allah akan tunjukkan kebenaran itu, tanpa ada 1 mahluk pun yg mampu menghalanginya..
laa hawlaa walaa kuwata illaa billah..

baiklah, siapa yg mau ikut saya menikmati segelas besar capucino ice hari ini..?

ROe mengatakan...

to tante novie:
wah.. makasih banget untuk komentnya yang menurutku luar biasa. koment yang isinya bisa dijadikan sebuah tulisan menurutku. :D

thanks loh, udah mau share... intinya apa yang aku tulis emang apa yang aku rasakan. aku hanya ingin menguraikan benang kusut yang mengikat tak beraturan di otak'ku. :D

Anonim mengatakan...

kadang-kadang untuk memahami isi tulisanmu kawan.! membuatku harus berpikir dan tenang saat membaca setiap goresan kata, setian pahatan rasa dan setiap lukisan instingmu tercurah diselembar kertas maya ini.
salut and keep wrting my brother!

kapan update lagi..... kangen tulisan2nya.