-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Semua Tulisan yang kurang bagus ini hanyalah sebuah proses belajar untuk memahami realita diriku dan dunia luar. Selamat menyelam dalamnya lautan ideku dari sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang bisa saja objektif dan bisa pula subjektif. Kebenaran hanyalah Milik Allah Subhana Wa Ta'ala semata. Semoga tulisan-tulisan dalam blog ini Bermanfaat bagi kita semua. aamiin
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sebuah Renungan

01 Juni, 2008

Dunia gemerlap dan Indahnya shalat Tahajud
Renungan by : Roe Salampessy

Dunia gaul anak kota mungkin sangat identik dengan gemerlapnya Dunia Malam dan Pesta clubing. dunia yang penuh hiruk pikuk teriakan anak-anak manusia menikmati musik disko dan tarian ala barat yang liar di padu lampu remang-remang ini membahana diseantero kota-kota besar pada setiap malam hari tepatnya tengah malam ketika sebagian besar anak Adam tertidur pulas dikasurnya. Dunia yang juga identik dengan eksploitasi libido ini adalah sajian sekular yang hedonistik dan free life, mencuat ditengah kebimbangan dan keresahan Anak Adam mencari identitas diri. inilah tempat pelampiasan hasrat yang menggunung dari aktifitas sepanjang siang dengan alasan kebosanan pada hidup yang serba robotik.

Dunia yang didalamnya Minuman beralkohol dan NARKOBA menjadi halal 100%. Ciuman, pelukan dan goyangan erotis pun menjadi lumrah, dunia tanpa aturan yang serba bebas dan jahiliaisme ini tersaji dalam ruang penuh desahan wanita-wanita penghibur. Dunia dimana IBLIS sebagai raja kegelapan disembah diatas altar-altar pengorbanan yang telah menumpuk jiwa-jiwa anak manusia yang telah dimabil rohnya sebagai sesajen dan tumbal bagi kekekalan sang LAKNATULLAH di neraka JAHANAM.

Sementara, dilain tempat di tengah malam yang sama berdiri segelintir anak Adam membasuh wajah dengan setetes air surga seraya mengumandangkan Takbir keMAHA BESARan Tuhan pencipta Semesta, pasrah dalam kesendirian malam yang hening tanpa suara bising, bertafakur melintasi alam raya dan bermunajat kepadaNYA dengan setetes air mata kerinduan akan negeri Surga yang dijanjikan. Berzikir menyebut nama-namaNYA yang Indah dengan lantunan ayat-ayat langit dan nyanyian kosmos yang tengah berevolusi menuju ruang yang tak bertepi.

Inilah Shalat Tahajud yang sungguh indah disepertiga malam, saat-saat dimana seorang anak Adam bermesraan dengan YANG MAHA INDAH dan MAHA PENYAYANG, mengeluh dan memohon seberkas cahaya surga dari MAHA PEMBERI CAHAYA untuk menerangi jiwanya yang hampa dan gelap, menunjukinya jalan yang lurus sebagaimana orang-orang yang diridhoi dijalanNYA bukan Jalan orang-orang yang sesat dan dimurkai.

TAHAJUD adalah kebahagian abadi yang kilaunya menerangi semesta dengan cahaya Ilahi, bukan DUGEM yang kilaunya meredup seiring berakhirnya kesia-siaan pesta hura-hura. TAHAJUD adalah wangi surga yang tercium oleh seluruh penghuni semesta, bukan wangi DUGEM yang penuh aroma ALKOHOL dan keringat penyembah-penyembah setan. dan bukan pula nyanyian iblis lewat musik-musik disko penuh gaya striptise, tapi nyanyian ayat-ayat langit yang menggaung kepenjuru semesta menjadi suara-suara indah penuh irama syahdu dari bidadari-bidari penghuni taman Firdaus.

Ya. ALLAH ya Rabbku. jadikan Hamba sebagai orang-orang yang selalu bersyukur akan nikmat dan kasih sayangMU, Nikmat dan Kasih sayang yang tak pernah hamba temui didalam ruang-ruang diskotik penuh keringat penyembah IBLIS. Nikmat yang tak pernah hamba rasakan dari seteguk Alkohol dan rayuan iblis lewat wanita-wanita pemuja sex. YA ALLAH ya Rabbku, Terimalah TAHAJUDKU ini sebagai kepasrahan Total akan KeMAHA BESARANMU. (ROE)

“Bangunlah untuk shalat di malam hari kecuali sedikit daripadanya. Yaitu seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Alquran dengan perlahan-lahan.” (Al-Muzammil [73]: 2-4).

22 KOMENTAR:

Eucalyptus mengatakan...

Subhanallah, Tahajud memang indah sekali kalau dilaksanakan dengan sepenuh hati dengan niat mendekatkan diri pada Sang Maha Pencipta.
Terasa benar bedanya sholat yang dilakukan tengah malam ini, lebih khusyu dan terasa lebih dekat dengan-Nya

harapandiri mengatakan...

Doakan semoga bisa tetep istiqomah ya :)

boodee mengatakan...

roe, ajak2 gw donk..?!

abiyasa mengatakan...

subhanalloh..boleh saya copy ya postingannya.. :)

yaya mengatakan...

Kata bokap gw tahajud adalah cara bercinta dengan Allah.

Subhanallaah.. kalau sering bercinta berarti kekasihnya dunk???

Ajiiiib.....

namaku wendy mengatakan...

adem bener! subhanallah, pengen banget bisa kaya gene getu tapi seringnya tu kebablasan sampe jam5, subuhan dah tu! piye jal iku mas wat menyiasatinya hiks

Vina Revi mengatakan...

Alhamdulillah selama ini aku memang bukan tipe yang suka dugem. Meskipun saat lajang biasa tidur diatas j2 pagi (karena tuntutan kerjaan dari kampus), ternyata setelah merit jadi lebih mild. Tidur di bawah j12 dan sering dibangunin suami untuk sama-sama melakukan sholat tahajud.

Cakyoudee mengatakan...

Wah Auranya nendang banget..nih, jadi merinding. Top Abis..!

thya mengatakan...

hix hix,,,

tahajud sih tahajud, tapi gak pernah sepertiga malam, seperlapan mulu, deket2 subuhan, masih berat roooooeeee!

berat dosa kali yak..?

PaiJan mengatakan...

waahh.. seimbang nih antara dunia dan akhirat,.

wkwkwk

t i n i mengatakan...

Pingin kontinyu dan jadi hobi, tapi banyak banget godaannya. Hehe. Doakan saya..
Salam kenal yah.

Febra mengatakan...

Alow bung ROE..kabarku baik, skrg aseli aku sibuk banget..tanggal 6 juli ane nikah, bisa balik kejogja ga? hehe

pelangi nurani mengatakan...

ikutan tahajud call ajah ^_^

ARai mengatakan...

Bisa ga yah klo waktu malem dateng Masjid2 itu ramai kayak ditempat2 dugem gitu...keknya musti disiasatin juga oleh para ahli2 agama kita deh..gmn caranya tuh?

Kikit mengatakan...

"...Shalat Tahajud yang sungguh indah disepertiga malam, saat-saat dimana seorang anak Adam bermesraan dengan YANG MAHA INDAH dan MAHA PENYAYANG, mengeluh dan memohon seberkas cahaya surga dari MAHA PEMBERI CAHAYA untuk menerangi jiwanya yang hampa dan gelap, menunjukinya jalan yang lurus sebagaimana orang-orang yang diridhoi dijalanNYA bukan Jalan orang-orang yang sesat dan dimurkai."


Alhamdulillah kalau Bung Roe selalu berusaha bangun pada sepertiga malam untuk bertemu Tuhan. Jam-jam segitu kita sedang mabuk oleh nyenyaknya tidur. Apalagi kalau saat itu ikut membangunkan rekan-rekan untuk bersama melaksanakan ibadah Shalah Tahajud. InsyaALLAH bertambahlah pahala kebaikan kita.


Saya pernah membaca pendapat seseorang bahwa kegiatan membangunkan orang untuk melaksanakan Shalat Tahajud itu sama seperti riya'. Ah teori.. Kalau mengajak kepada kebaikan sudah dianggap sebagai sebuah kesalahkaprahan, bahkan anomali, maka nampaknya tidak perlu lagi segala toleransi. Hihihihi... Walau ada tendensi di balik aktivitas membangunkan orang saat sepertiga malam, setidaknya masih ada nilai lah di mata ALLAH. InsyaALLAH...

Arrrghh! Ngomong apaan sih! Hahahaha!

*capek...

Kikit mengatakan...

"thya berkata...
hix hix,,,
tahajud sih tahajud, tapi gak pernah sepertiga malam, seperlapan mulu, deket2 subuhan, masih berat roooooeeee! berat dosa kali yak..?"



Setidaknya Thya sudah ada niat untuk terbangun dan melaksanakannya. Tidak perlulah berasumsi bahkan menstigma diri sebagai manusia yang paling banyak dosa. Semua manusia SANGAT BERDOSA. Kadang Thya bangun Subuh lebih pagi dari Kikit kan?? :))


Semoga lain waktu Thya bisa terbangun di sepertiga malam. Jadi InsyaALLAH kita barengan deh :D


*disambit Thya*

Roe mengatakan...

to kikit :

Saya pernah membaca pendapat seseorang bahwa kegiatan membangunkan orang untuk melaksanakan Shalat Tahajud itu sama seperti riya'. Ah teori.. Kalau mengajak kepada kebaikan sudah dianggap sebagai sebuah kesalahkaprahan, bahkan anomali, maka nampaknya tidak perlu lagi segala toleransi. Hihihihi... Walau ada tendensi di balik aktivitas membangunkan orang saat sepertiga malam, setidaknya masih ada nilai lah di mata ALLAH. InsyaALLAH...

hmm.. insyaAllah kalo niat kita lurus, Allah menerima Tahajud kita.

aphied mengatakan...

sedang blj bwt rutin shlt tahajud neh roe..
soanya kl tdr mlm2 trs,,jd g bs bgn jam3an gt..hiks...T.T

ROe mengatakan...

mari kita sama2 belajar menunaikan tahajud yah phied.. semoga aphied bisa.

frizzy mengatakan...

Doakan biar aku bisa sholat sob.

Cheers, frizzy2008.

Euis Maharani Rachmad mengatakan...

tahajud..
saaat2 terbaik curhat dan menumpahkan segalanya kepada sang pencipta..
:')

ROe Salampessy mengatakan...

euis maharani::
betul sekali neng. Tahajud adalah saat2 terbaik seorang Hamba mengadu kepada Tuhannya. pesona'nya tak akan pernah pudar.

makasih ukthy.