-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Semua Tulisan yang kurang bagus ini hanyalah sebuah proses belajar untuk memahami realita diriku dan dunia luar. Selamat menyelam dalamnya lautan ideku dari sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang bisa saja objektif dan bisa pula subjektif. Kebenaran hanyalah Milik Allah Subhana Wa Ta'ala semata. Semoga tulisan-tulisan dalam blog ini Bermanfaat bagi kita semua. aamiin
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Opini

07 Juni, 2008

ISLAM MADE in iNDONESIA
^ Roe salampessy^


Kita semua tahu, bahkan seorang George Bush pun tahu, bahwa Islam adalah Agama mayoritas di negeri ini. Kita juga tahu, bahwa "Masjid" sebagai Sarana Ibadah umat Islam di negeri ini berjubel jumlahnya, dan diperkirakan mencapai ratusan ribu buah atau mungkin juga lebih. Kita pun tahu, di negeri ini bertebaran pesantren dan universitas bercorak Islam dari Sabang sampai Merauke yang mungkin jumlahnya diatas ribuan buah. Kita juga tahu dan bukan rahasia lagi, bahwa Jama'ah haji terbanyak tiap tahunnya berasal dari negeri kita tercinta ini, dan itu artinya titel haji atau hajjah di negeri ini sangatlah banyak, bisa jadi setengah atau lebih penduduk Indonesia adalah haji ataupun hajjah.

Sungguh sebuah identitas ataupun prestasi dari negeri ini yang mengagumkan dengan beragam embel-embel Islamnya dibalik kehidupan masyarakat yang heterogen dan majemuk ini. Semua itu menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia (Khususnya Umat Islam) merupakan masyarakat yang sangat religius (dalam tanda kutip).

Terlepas dari semua itu, marilah kita melihat realitas sesungguhnya di masyarakat kita yang katanya sangat religius ini. Benarkah Islam adalah Agama mayoritas?, saya tidak berani menjawabnya. Silahkan menilai sendiri!.

Pertama.! menurut saya, Islam Indonesia adalah Islam yang sangat unik, keunikannya bisa dilihat dari pemahaman keislamannya yang begitu fanatik dogmatis. Coba saksikan sendiri dengan mata kepala, Islam Indonesia adalah islam yang sangat senang meminta doa dikuburan-kuburan para leluhur atau para wali Allah agar diberi rezeki, keberkahan ataupun keselamatan. Islam Indonesia adalah Islam yang suka mengkultuskan manusia, Islam Indonesia adalah Islam yang suka percaya tahayul dan mistik, Islam Indonesia adalah Islam yang banyak mempelajari ilmu-ilmu ghaib aneh, pengkoleksi jimat-jimat serta ajian-ajian kesaktian, Islam Indonesia adalah Islam yang percaya pada paranormal dan dukun-dukun, Islam Indonesia adalah Islam yang gemar melakukan ritual-ritual adat yang dipoles dengan jubah keislaman, Islam Indonesia adalah Islam yang banyak melahirkan Rasul-Rasul Palsu dan sekte-sekte sesat.

Kedua, sayapun melihat Islam Indonesia dengan sebuah anomali yang destruktif. Islam Indonesia adalah "Islam" yang (dalam tanda kutif) memperbolehkan zina dan kemaksiatan, bisa dilihat sendiri begitu banyak tempat lokalisasi, bar, diskotik-diskotik, dan tempat pelacuran yang dilindungi oleh pemerintah yang tersebar dimana-mana. Islam Indonesia adalah Islam yang sepertinya melegalkan perjudian dan menghalalkan minuman keras, coba saksikan disekeliling kita tempat-tempat perjudian dan tempat penjualan minuman keras beroperasi dengan bebasnya di negara ini. Islam Indonesia adalah Islam yang suka pornografi dan pornoaksi, coba lihat begitu banyak media cetak ataupun elektronik yang mengekspose sex dengan bebasnya, seperti menjamurnya tarian erotis diatas panggung oleh para penyanyi atau aktris dengan dalih kebebasan berekspresi seakan-akan menjadi hal biasa di negeri ini. Islam Indonesia adalah islam yang wanitanya paling alergi dengan Jilbab, katanya jilbab merupakan budaya Arab dan tidak cocok dengan budaya Indonesia, menurut mereka yang penting adalah "jilbab hati". 

Ketiga, Sayapun melihat Islam Indonesia adalah Islam Munafik, pemalas, dan sombong. Islam Indonesia adalah Islam yang suka membangun Masjid-masjid besar yang megah, namun enggan mengisinya dengan Shalat. Islam Indonesia adalah Islam yang Jama'ah terbanyak hanya terlihat di saat Shalat Jum’at, namun saat shalat-shalat wajib lainnya hanya terlihat segelintir orang yang berjama'ah. Islam Indonesia adalah Islam yang saat azan magrib tengah dikumandangkan mereka malah sedang sibuk menonton acara-acara TV, sedang asyik berbelanja di Mall, atau tengah santai mengemudikan kendaraan dijalanan.

Keempat, Saya juga melihat Islam Indonesia adalah Islam yang sangat suka mengekor kepada kepentingan Barat dan sangat penakut terhadap kaum kafir. Islam Indonesia adalah Islam yang selalu mengikuti kemauan Amerika dan sekutunya, atas nama demokrasi ala Amerika yang sekuler dan Liberal, Islam Indonesia rela berjuang menegakan kebebasan ala kaum kafir itu, walau harus berhadapan dengan anak bangsanya sendiri. Islam Indonesia adalah Islam yang mudah dibohongi dengan pluralisme ala barat. Islam Indonesia adalah Islam yang mudah terprovokasi media dan menelan mentah-mentah informasi yang diterima tanpa mengecek kebenarannya, sehingga yang terjadi adalah saling memojokan sesama muslim. Hal ini Bisa kita lihat ketika terjadi insiden di Jakarta beberapa waktu lalu (FPI vs JIL), kebencian sesama Muslim terjadi karena seringnya di adu domba.

Islam Indonesia adalah Islam yang dalam kehidupan sehari-harinya berkiblat ke Patung Liberty di Amerika serikat bukan Rumah Allah (Kabbah) di Makkah. Islam Indonesia adalah Islam yang sedih ketika WTC diruntuhkan oleh tabrakan Pesawat, namun diam dan tak berkomentar ketika Afghanistan di luluh lantahkan oleh BOM-BOM pasukan amerika, Irak di bombardir dan Palestina dijadikan medan pembunuhan umat. Islam Indonesia malah diam Ketika ribuan bocah-bocah Palestina harus berjuang melawan tentara Israel dengan bermodal batu dan ketapel sebagai senjata, Islam Indonesia hanya melihat dari tanyangan TV dengan wajah yang biasa-biasa saja, bahkan menyebut Saudaranya sendiri dengan sebutan TERORIS.

Terakhir, Islam Indonesia adalah Islam yang sudah teracuni virus-virus isme yang telah melenyapkan kekuatan jihad dalam diri umatnya. Sebuah anomali memang, ketika islam indonesia cenderung adatisme, budayaisme, kapitalisme, materialisme, sekularisme, liberalisme, dan Isme-isme lainya yang sifatnya sungguh telah merusak nilai-nilai tauhid yang dibangun baginda Nabi 14 abad lalu.

Lantas.!! siapakah Islam Indonesia itu? yah kita-kita sendiri. Saya, kamu, anda, engkau, ente, beliau, saudara, saudari, dan yang lainnya. Kita semua adalah ISLAM MADE in INDONESIA seperti gambaran saya diatas.

Diakhir tulisan ini, doa saya "semoga kita semua (umat islam Indonesia) bisa kembali kejalan yang lurus, jalan yang pernah di lalui Baginda Nabi dan para sahabatnya". aamiin..
Wallahualam bishawab. (ROe)

26 KOMENTAR:

rian mengatakan...

setuju Roe, opini yg mantep : jika boleh saya nambah islam diindonesia memilih membela yg menyembah pohon dari pada petunjuk rasulnya, memilih rela mati karna kiayi yg katanya demokrat dihina dari pada kitabnya dan rasulnya yg dihina. islam di indonesia suka memperebutkan sisa makanan kiayinya, islam di indonesia yg suka bakar2 dupa, masih banyak yg lain heheh

Novee mengatakan...

sy hanya mengomentari yg no. 2

Islam Indonesia bla-bla-bla.. dilindungi pemerintah.
pemerintah kan? itu beda lg konteksnya.
pemerintah bukan islam, islam bukan pemerintah..
wajar aja kalo *menurut kamu* dilindungi pemerintah.
krn kl menurut sy, islam itu agama yg jelas & lengkap. apa2 yg dilarang & dianjurkan diatur secara jelas & terperinci, tidak ada tawar-menawar.
kl bicara pemerintah, ya kaya gitu..
jd kamu mo ngomongin islam apa pemerintah..?

tp islam di indonesia memang unik *aneh, tepatnya..*
jd pinter2 aja deh, cari panutan, sebagaimana surat pertama kali yg diturunkan IQRO, bacalah..
semua udah jelas di depan mata koq, masa masih mau ngikutin yg ngaco *walo die itu pemuka agama yg terkenal n dihormatin sekalipun, tp kita kan dikasih otak utk berpikir & mencerna, masa ikut2 ngaco*

so.. IQRO! temukan sendiri mksd nya..

Nataludin mengatakan...

saya tidak bisa banyak komentar nih.. soal-nya bukan ahlinya, cuma yang aku tahu dari toleku dan toleku dari guru agamanya dan guru agamanya dari dosennya dan dosennya dari ...entah dari kyai yang mana.. yang jelas selama kita mengikuti dua hal yang ditinggalkan oleh nabi Muhammad SAW... saya yakin itu akan membawa kepada ajaran Islam yang sebenarnya

aphied mengatakan...

islam versi aphied sih islam seperti apa yg tertulis di alquran dan hadist..
klo islam yg anarkis,,tw deh tu golongan mana?

ROE mengatakan...

untuk semuanya :

thank's deh atas komentar2nya. saya sih cuma melihat fenomena yang ada di negeri ini.

tuk tante novee:
maaf sedikit nambahin atas komentarnya, tante mungkin melihat pemerintah sekedar Presiden dan wapresnya saja. dalam pemerintahan itu ada yang namanya departemen AGAMA. udah sangat jelas negara kita bukan negara sekular seperti AS, makanya ada DEPARTEMEN AGAMA. DEMOKRASI KITA DEMOKRASI PANCASILA, bukan DEMOKRASI LIBERAL ala AS, makanya ada DEPARTEMEN AGAMA.

yang anehnya pungsi departemen agamapun tak jelas arahnya. dalam kasus kemaksiatan, pornografi, ataupun perjudian. saya yakin semua Agama yang resmi di Indonesia melarangnya. dan itu bisa ditanggulangi lewat DEPARTEMEN AGAMA, karena disana ada perwakilan seluruh AGAMA resmi di INDONESIA. mewakili islam ada MUI, kristen ada PGKI, dll.

tapi knp koq cm umat islam doang yg ngotot memerangi kemaksiatan dll. saya heran apa kemaksiatan, perjudian, mabuk2an, dll cuma dilarang di ISLAM doang, apa Agama yang lain tidak.!

kalo memang mau dibuat sekular negeri ini, hapuskan saja sila pertama PANCASILA.

Novee mengatakan...

ya itu maksud sy..
departemen agama kan? bukan departemen agama islam..
jd susah, coz indonesia bukan negara islam.. ga bisa maen terapkan hukum islam scr kaffah..
lg2 hrs sy ingat kan.. ini indonesia, Roe.. ini indonesia..
hahaaa.. tau kan mksd nya?

yg punya blog mengatakan...

buat tante novee, emang sih ini indonesia.makanya saya bilang kita disini semua adalah produk ISLAM MADE IN INDONESIA.

kepulauan indonesia hanyalah sebagian kecil dari ciptaan ALLAH, ciptaan ALAAH meliputi langit dan bumi. langit dan bumi tunduk dan patuh kepada hukum ALLAH. Islam adalah rahmat bagi alam semesta. kalo alam semesta aja tunduk dibawa hukum ALLAH, kenapa Indonesia yg kecil ini tak mau tunduk. TANYA KENAPA.?

karena indonesia lebih suka tunduk pada hukum setan yg di cetuskan AMERIKA.

jadinya harus diluruskan pemikiran bahwa syariat itu hukum islam doang. dia itu hukum ALLAH yang akan mengatur kehidupan manusia.

Raihana El Wafa mengatakan...

iya ya.....jadi sedih...hiks..hiks, mau dibawa sebenarnya umat Islam ini?? kapan donk kita bisa tau syariat Islam akan tegak tanpa kontradiksi seperti ini Di Indonesia...??????????????

Cakyoudee mengatakan...

Itulah Indonesia, Harapannya mudah-2-an semua dapat kembali ke inti dasar Alqur'an dan Sunnah Rasululloh SAW. Aamiin..!.

Boim Lebon mengatakan...

potingan bagus...dan juga kritik membangun, bagi mereka yang mengaku islam...biar ga cuma di KTP aja yang islam...he..he.. keep writing

abiyasa mengatakan...

moga kita semua menjadi Islam yang kaffah..amin..Allahu akbar! :)

bilal mengatakan...

Dari Tulisan Mu Kawan ... si Bilal jadi bertanya siapa yang selama ini membawa masyarakat kearah tersebut, dan ini lah Islam bercampur Hindu dan Animisne dalam Indonesia dengan bertopeng kepada melestarikan Budaya Leluhur Nenek Moyang, Menarik Wisatawan...
Semoga Allah Swt Memerikan kesempatan Diriku Ber Taubat dengan sebenar-bener Taubat Sebelum Ajal memanggil
Laaa'ila Haillallah

treen mengatakan...

salam kenal tuk Mas ROE. Ini jadi tugas bagi yang sadar untuk memurnikannya dan jadi ladang amal bagi yang mempedulikannya.

Alex mengatakan...

bagusnya "genitnya Islam di Indonesia" ya bung Roe..hehe

kita masih terjebak dlm seremonial dan rutinitas belaka...kering dari ruh dan makna...karena apa??
karena kita beragama hanya sebatas identitas ktp belaka....dan kedua pemahamanan agama yg kurang.

tapi semua itu tentu perlu usaha, dan usaha itu harus kontinyu. usaha utk menuju Masyarakat Madani....

Santi mengatakan...

No comment dulu ttg postingan ini. saya cuma optimis bahwasanya semakin hari harus semakin baik. Entah itu untuk saya pribadi, keluarga, tetangga, saudara, dan negara. Amiinnn!

Raihana El Wafa mengatakan...

ya....sok atuh jangn cuma pandai komentar aja tapi berusahalah untuk menjadi pelopor perubahan di negeri ini, kembangkan ilmu yang sudah antum dapat dalam berbagai sektor. Amalkan ilmu itu sebagai bentuk rasa cinta terhadap Islam, didik calon- calon generasi Islam dimasa depan ini, yang masih membutuhkan suguhan- suguhan pendidikan Islam yang seharusnya.

selamat berjuang, Fren.....!!!

phie mengatakan...

Baca quran, hadist, apa yg dilakuin Nabi diikuti, yg kaga dilakuin ya ga sah dilakuin, ht2 bid'ah. Kyknya itu aja si awalnya ya biar Islamnya made in Allah, bukan made in Indonesia.

Eucalyptus mengatakan...

Bener tuh Roe, banyak sekali org Indonesia yg mengaku islam tapi masih menghambakan diri pada dunia mistik.
Semoga kita semua terhondar dari ajaran agama yg menyimpang dari kaidah2 yang telah ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW... Amin

ijal mengatakan...

tulisan yang bagus bro..

nah, itulah di a islam di indonesia..

kalau ga kyk di atas bukan islam indonesia..

Ayu Ambarsari Hanafiah mengatakan...

Allah emang menciptakan umatnya berbangsa2 dan berbeda agar saling mengenal.. Islam made in Indonesia?
:) saya jadi berfikir..

mungkin sebagian emang gituh, tapi sebagian lagi?
yang penting meninggalnya islam, beriman kepada Allah SWT.. dan gga macem2 aja lah buat saya.

nice posting! :)

t i n i mengatakan...

Yuk mulai berbenah diri..

Narto mengatakan...

Emang benar ya kalau orang indonesia itu kebanyakan ISLAM KTP aja. Jadi jangan heran kalau nantinya yang masuk sorga jangan-jangan KTP nya doang bukan orangnya?kakakakkak.
Jadi ayooo cari islam yang benar benar islam. Jangan islam karena orang tuanya islam, lingkungannya islam. cai islam dari dalam hati anda?

yoga permana kusumah mengatakan...

mngkin smua umat islam mrasa tdk nyaman, apabila da yg anarkis. makanya kita smua harus mnyatu dan mngikuti syariat islam, dan menjunjung tinggi keadilan dan peraturan yang berlaku di negara kita , sesuai dgn sila pertama dari negara indonesia....ayo....ayo....jdikan negara kta yg ... (yg apa ya, lpa kata2 nya) :P.hehehehe

koekoeh mengatakan...

Alhamdulillah...

ARai mengatakan...

Oom ROE ini memang mantap postingannya...abis kemiskinan made in Indonesia sekarang Islam made in Indo jg, smoga smakin hari kita (umat Islam)semakin tersadar dan semakin menjadi lebih baik lagi...Amiin!!!

Reza Pahlevi Lampoh mengatakan...

Islam itu hanya made in heaven :)