-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Semua Tulisan yang kurang bagus ini hanyalah sebuah proses belajar untuk memahami realita diriku dan dunia luar. Selamat menyelam dalamnya lautan ideku dari sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang bisa saja objektif dan bisa pula subjektif. Kebenaran hanyalah Milik Allah Subhana Wa Ta'ala semata. Semoga tulisan-tulisan dalam blog ini Bermanfaat bagi kita semua. aamiin
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Diskusi

10 Agustus, 2008

Kritik lagu "munajat Cinta" the rock
^Roe salampessy^


Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat,
Tidakkah kamu melihat bahwasanya mereka mengembara di tiap-tiap lembah,
dan bahwasanya mereka suka mengatakan apa yang mereka sendiri tidak mengerjakan (nya),
Kecuali orang-orang (penyair-penyair) yang beriman dan beramal saleh

yang banyak menyebut nama Allah dan mendapat kemenangan sesudah menderita kezaliman.

(Q.S. Asy syu'ara ; 224 - 227)

Buat anda yang suka mendengar musik sudah pasti sangat akrab dengan lagu "Munajat Cinta" yang dinyanyikan oleh Ahmad Dhani dengan Band The Rock-nya. Lagu yang sempat hit dan menduduki top ranting lagu-lagu pribumi ini katanya telah menginspirasi ribuan pasang telinga penggemar musik pop tanah air untuk bermunajat kepada Tuhan agar dikirimi sang kekasih yang baik hati. Namun lagu ini tak sedikitpun mempengaruhi saya selaku penulis untuk larut dalam setiap jerat-jerat syairnya. Saya punya alasan sendiri selaku seorang Hamba yang ingin menggapai cinta sejati Tuhan hanya lewat lantunan ayat-ayatNYA. mari kita diskusi tentang sayir-syair lagu ini.

Malam ini ku sendiri
tak ada yang menemani
seperti malam-malam yang sudah-sudah.

Buat kawan-kawan yang merasakan kesepian dan kesedihan karena tak adanya kekasih yang menemani pada malam hari. jangan bersedih, karena sebenarnya kita masih punya Tuhan yang maha Pengasih dan Penyayang. Bukankah Tuhan itu tak pernah tidur, Tiap saat DIA selalu sibuk dengan urusan hamba-hambaNYA. Lepaskan semua keluhan yang memberatkan punggung, mari jadikan Tuhan sebagai tempat bergantung segala sesuatu.

Hati ini terlalu sepi
tak ada yang menghiasi
seperti cinta ini yang selalu pupus.

Kenapa kawan-kawan masih merasakan kesepian dihati dan menganggap tak ada yang menghiasinya. Bukankah Tuhan itu maha Dekat, bahkan lebih dekat dari urat nadi hambaNYA. mari Jadikan Tuhan sebagai kekasih dalam sujud saat Tahajud dipenghujung Malam. Raih cinta sejati lewat zikir kepadaNYA. Cinta Tuhan tak pernah Pupus, CintaNYA bukan cinta semu dari egoisme manusia. Marilah hiasi hati dengan menyebut nama-namaNYA yang Agung. saya yakin kawan-kawan tak akan pernah kesepian dan bersedih dengan kesuyian malam yang membelenggu hati.

Tuhan kirimkanlah aku
kekasih yang baik hati
yang mencintai aku apa adanya.

inilah bait syair yang menjadi inti lagu "Munajat Cinta". syair yang menurut saya telah mengajarkan kemaksiatan. Alasannya, kenapa kita meminta (berdoa) kepada Tuhan agar dikirimkan seorang kekasih untuk menemani malam-malam kita yang sepi. seorang Kekasih tanpa ikatan perkawinan! Bayangkan sendiri apa yang terjadi bila dua insan berlainan jenis berduaan dimalam hari, sudah tentu Setan yang menjadi pihak ketiga. Bukankah Tuhan telah melarang kita agar menjauhi Zina. Inikah permohonan seorang Hamba kepada Tuhannya. Aneh.. Cinta dunia telah menjerumuskan anak Adam dalam lumpur kemaksiatan, sampai-sampai menjadikan medium doa kepada Tuhan untuk melegalkan libido syahwatnya.

Seandainya syair diatas diubah dengan kata-kata "Tuhan kirimkanlah aku seorang calon Istri atau suami yang soleh, yang mencintai aku karena cinta kepadaMU". Mungkin syair munajat cinta ini akan jauh dari makna maksiat. Sehingga Munajat kita kepada sang khalik adalah ungkapan kegundahan hati seorang hamba yang menanti cahaya cinta dari TuhanNYA.

mawar ini semakin layu
tak ada yang memiliki
seperti aku ini yang semakin pupus.

ungkapankanlah cinta dengan Akhlak yang baik, bukan dengan sekuntum mawar yang kapan saja bisa layu, Insya Allah Cinta itu tak akan pernah pupus seperti lagu ini, ikatlah hati dengan ayat-ayat Tuhan. sirami hatimu dengan air surga. Insya Allah Cinta Tuhan tak akan kering. Bagaimana pendapat anda...!!! ROE

Ps : maaf untuk Baladewa dan penggemar Ahmad dhani, ini cuma pendapat pribadi yang boleh jadi ada kesalahan penafsiran atas kata-kata syairnya. wassalam.

=======================================================

Free Image Hosting
ucapan terima kasih untuk acy yang telah memberikan award buat saya. Thank's yah cy untuk persahabatan di dunia maya ini.
oyah... award ini sebenarnya akan saya terusin untuk beberapa kawan blogger yang sering2 mampir ke blog ini. hmmmm.... tapi karena bingung memilih diantara sekian banyak, maka dengan berat hati award ini terpaksa berhenti di blog saya alias gak di lanjutin. he..he... mohon dimaklumi.

=======================================================

32 KOMENTAR:

mel mengatakan...

Bagus tulisannya..
Jika Aku Jatuh Cinta
Ya Alloh ....jika aku jatuh cinta Cintakanlah aku pada seseorang
yang melabuhkan hatinya Pada-Mu
Agar bertambah kekuatanku untuk mencintai-MU

Ya Alloh....jika aku jatuh cinta
Jagalah cintaku padanya
agar tidak melebihi cintaku padaMU

Ya Alloh.....jika aku jatuh hatiIjinkanlah aku menyetuh hatiseseorang yang hatinya tertaut pada-Mu
Agar tidak terjatuh dalam, cinta semu

Ya Alloh..
Jika Engkau mengetahui
bahwa hati ini telah terhimpun dalam cinta pada-Mu.
Telah berpadu dalam membela syari'at-MU.Penuhilah hati ini dengan nur-MU,yang tiada pudar.
Lapangkanlah dada kami
dengan limpahan keimanan...
Amin Ya Robbal Alamin

phie mengatakan...

kagum gw ama lo ROE :)

sarie mengatakan...

wah, bagus..bagus...aku setuju sama roe..hehehehe, hidup roe...!!
komen dari mel juga bagus...hehehe...

namaku wendy mengatakan...

waaa wen mau deh dikirimin suami yg soleh hehehe amiiin:)
seeep dah, reminder biar gak pd terbuai & keblinger yah hehehe;p

Eucalyptus mengatakan...

Semakin lama cara merenung dan memaknai sesuatu semakin hebat aja Roe... salut!!!

thya mengatakan...

emang gak pernah suka sih ma dewa apalagi sama dani nya itu, fffhhhh!! males...

maaf yah, kalo gak penting komennya.
aniwe roe, ty lebih sedih lagi denger liriknya ma** :

lets get the beat, cintaku adalah musik musik adalah hidupku..

hmm,apa hidupnya cuma buat musik gituh?

**waaaaaaaah maaf bukannya sok bijak, tapi dari hati aja, liriknya gimanaaaa gituu (gak tega ngelantuninnya)...walopun ty masih denger musik jg.ehm.

Mike.... mengatakan...

waduhh..secara gw jg pecinta musik..yg bs gw bagi dsni, musik tuh universal bro..terlepas dari lirik yg kurang mengena di hati, masih banyak grup musik lain yg kata2nya jelas2 kasar dan ga karu-karuan..yeah..that's music,for as long as i have music, the music in my life will set my spirit free..

poppi mengatakan...

aku gak suka dewa, apalagi lagu yang diciptakan sangat jauh dari karakter penciptanya.

Munajat cinta sih gak ada tuh...

yang ada bermunajat untuk diberikan keteguhan hati dan pilihan yang tepat sehingga menemukan pasangan hidup yang bisa membimbing kita ke arah yang di RidhoiNya.

iksan mengatakan...

roe...munajat cinta kan enak lagunya ...? kok di kritik sich

acy mengatakan...

waduh gimna yaw, urusan music sama agama serasa beda dunia :) he3x

abiyasa-fathimatulazizah mengatakan...

Dan bilamana akhirnya kami akan bertemu, aku berharap kami berdua dapat mengatakan:
"Betapa Maha Besarnya Engkau karena telah memberikan kepadaku pasangan yang dapat membuat hidupku menjadi sempurna."

Aku mengetahui bahwa Engkau ingin kami bertemu pada waktu yang tepat
Dan Engkau akan membuat segala sesuatunya indah pada waktu yang telah Engkau tentukan

Amin....

papapam traffic mengatakan...

kira2 klo pake syairnya roe, lagunya jadi enak nggak ya..(*mlayuu*)

Alex mengatakan...

yap.......benar sekali analisa bung Roe, tepat sekali.

Masak berdoa utk Kemaksiatan, cara dan permohonan doa aja udah salah, gimana mo dikabulin oleh Allah.

kita harus tahu siapa seorang Ahmad Dani itu.

ivan mengatakan...

bagus bro!!! syair,tulisan maupun ibadah saling berhubungan di dunia ini antara hakikat dan syariat agama yg harus kita berhati2 dalam melafadkanya....cuma satu yg aku masih mencari...apa makna dari "Alif Lamim"..???yg disebut sebagai satu kebajikan itu sebanding dengan sepuluh kebajikan...

Panda mengatakan...

subhanallah... ternyata selama ini Panda lalai

Judith mengatakan...

Bagus kata2nya. Beta suka Dewa yang jaman dulu waktu masih ngetrend lagunya kangen. Sekarang kok si Dhany malahan rada gimanaaa gitu..

Segala yang terjadi menimpa kita, serahkan saja pada Tuhan .. Dia yang mengatur dengan segala kesanggupan Budi.

Kebetulan beta kurang suka dengan bunga mawar ...*hiii ( Nggak ada bunga mawar yang ngak berduri ...)

aphied mengatakan...

analisanya bagus roe,,
tp lagunya jg bgs,,jd gmn donk?

abiyasa mengatakan...

komen lagi ya..memang cinta sejati yaitu cinta kepada-Nya..

Ingin kukatakan arti cinta kepadamu, Dinda..
agar kau mengerti arti sesungguhnya
tak terjebak dan terbawa harumnya asmara
akan membuat dirimu sengsara..

Saya teringat salah satu nasyid SNADA.

abiyasa dan fathimatulazizah mengatakan...

lho kok malah nyanyi ya saya :)..kopinya dibayar di muka kang :)

Kristina Dian Safitry mengatakan...

ingin kumiliki..dengan sepenuh hati
walau kuharus setengah terluka mengharap cintamu.
*lho aku kok malah nyanyi sih,he..he..

JoVie mengatakan...

boleh juga reviewnya mas Roe...

mardee mengatakan...

emang klo di renungi sih bukan hanya lagu 'munajat cinta' aja yg liriknya menyesatkan, banyak lagu2 yg lain juga begitu kan..

Qorianiesme mengatakan...

kritik yg bagus
artikel anda benar juga.

thya mengatakan...

**baru sadar..

yah, roe mah tidak menyimak komenku dengan baik dan benar... ;(

ferniawan rese mengatakan...

wah,,klo bermunajat ma tuhan mah g knpa2,,kcuali brmunajat ma om genderwo,,nyonya kolong we we,,hhihi
atut.....

ROE mengatakan...

>>> Mel :
untaian kata cintanya pada sang khalik luar biasa menggugah hati. keep spirit to Allah yang neng.

>>> Phie :
he..he.. kagum apanya phie. jgn buat saya GeEr dong. wkwkkw

>>> Sarie :
hidup sarie.. he..he..

>>> wendy :
siap2 dikirimin suami yang soleh dalam munajat cinta. he..he..

>>> bunda evie :
makacih bunda.. saya juga selalu salut sama bunda.

>>> Thya :
he..he.. dani juga Manusia. tul gak...... >>oyah sedih ama lirik yg mana? malam ini atau mawar ini??? >> selamat nikmati musik yah thy. saya juga suka musik. ha..ha.. di ralat.. kecepatan nulis.

>>> mikey :
he..he.. inilah penafsiran saya. bisa salah bisa benar. okey bung. saya juga suka musik, tapi gak biasa terlena dengan jerat2 katanya. he..he..

>>> Poppy :
he..he.. DEWA juga manusia. tapi tul sekali kalo bermunajat agar di berikan keteguhan hati ama Allah SWT.

>>> Iksan :
lagunya enak dimananya? he..he.. emang makanan.

>>> Acy :
Emang beda..? he..he..

>>> Kang ABy and Istri :
waooo... mentang2 baru nikah nih. he..he.. kata2nya bagus kang.

>>> mas pam :
kira2 menurut mas enak gak.? he..he..

>>> Bang Alex :
itu dia bang, masak berdoa untuk kemaksiatan. yap.. saya setuju ama bang alex.

>>> Ivan :
Alif lam mim, saya juga gak tahu.selamat mencari, kalo dah dapat jangan lupa bagi2 ilmunya yah. he..he..

>>> Panda :
subhanaullah.. jangan lalai bung.

>>> Usi judith :
betul sekali usi, segala yg menimpa kita harus diserahkan pada yang maha kuasa.
-- he..he.. kurang suka mawar yah? trus sukanya bunga apa usi. tapi emang benar sih, gak ada mawar yang gak berduri. setuju.

>>> Aphied :
yah terserah aphied, lagunya cuman dinyanyiin doang, tapi jgn sampe terjerat dan terbuai kata2nya. okey

>>> Kristina dian safitry :
he..he.. koq malah nyanyi sih.

>>> Jovie :
makacih vie.

>>> Mardee :
tul sekali bung, bukan cuman munajat cinta. masih banyak juga. mungkin tugas bung mardee tuk mengkritiknya. he..he..

>>> Qorianiesme :
makasih bung. maksih juga tuk kunjungannya.

>>> Thy :
comenntnya dah di ralat tuh..! he..he.. roe simak koq commentnya.

>>> Ferniawan rese :
ha..ha.. ada2 aja ente nih. salam kenal dan makasih dah berkunjung.

t i n i mengatakan...

berat emang menjauhkan musik dari kehidupan..
saya suka musik, dan kebetulan menyukai lagu2nya the rock
hehe

ezZa mengatakan...

aku mah emang g suka sama si diktator ini...

jadi g tau sama skali aku liriknya...

ezZa mengatakan...

tapi aku ttp salut sama ROE, analisa nya tinggi banget...

emang keren si Roe ini...

Elsa mengatakan...

hhehehehee....

Ya, bagus sekali. itu mungkin hanya Ahmad Dhani kesepian ditinggal istri. salah sendiri, istri cantik-cantik kok dimaki-maki. hehehehehehe.....

Abimanyu mengatakan...

he3.. makanya saya bikin lagu instrumental..
alasan pertama... gak bisa nyanyi
alasan kedua... gak bisa bikin lirik
alasan ketiga... saya pengin gitar saya yang nyanyi
alasan keempat... klo pake lirik ntar dikritik sama ROE.. ha666

Bani "BBoy Kodok" mengatakan...

Wah iya juga Mas ROE benar...
saya baru nyadar pas baca tulisan ini,,, padahal kemaren2 kalo lagi nyanyi saya engga pernah mikir sampe kesini...

emang seh kebanyakan lirik2nya mas ahmad dhani selalu berhubungan ama Tuhan ataupun ayat-ayat alQuran,,,

kaLo dicerna,,,
ada yang saya suka, ada juga yang engga,,,
Tapi kaLo dari unsur Musik, Ahmad Dhani mantap menurut saya,,,